Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terakhir Man United Menang di Anfield, Rooney Cetak Gol dan Klopp Pasang Bek di Depan

KOMPAS.com - Liverpool akan menjamu Manchester United dalam laga terpanas pekan ke-23 Liga Inggris, Minggu (19/1/2020).

Hari ini, 17 Januari 2020, menjadi peringatan tiga tahun semenjak terakhir kali Manchester United menorehkan kemenangan di Stadion Anfield pada partai panas antara dua rival tersebut.

Manchester United mengalahkan Liverpool 1-0 di Stadion Anfield lewat gol tunggal Wayne Rooney pada 17 Januari 2016.

Gol Rooney pada laga tersebut adalah yang ke-176 bagi Manchester United, menetapkan rekor gol Premier League terbanyak bagi seorang pemain untuk satu klub.

BBC menggambarkan pertandingan ini sebagai salah satu derbi North-West paling tak menarik dengan kedua tim sulit mengeluarkan permainan terbaik.

Media sama mengganggap hal tersebut wajar karena kedua kubu tak berada dalam performa terbaik, Man United tengah berdiri di posisi keenam sementara Liverpool di peringkat kesembilan.

Satu pemain yang menonjol pada laga di Anfield pada hari itu adalah kiper Man United, David De Gea yang melakukan beberapa penyelamatan penting dair Emre Can serta Adam Lallana.

Gol Rooney pada menit ke-78, memanfaatkan bola muntah setelah tandukan Marouane Fellaini mengenai mistar, merupakan tembakan on target pertama Man United pada laga tersebut.

Ini adalah gol pertama Wayne Rooney di Anfield sejak Januari 2005.

Kemenangan 1-0 tersebut merupakan obat mujarab bagi pelatih Louis van Gaal yang hanya memenangi dua dari 11 pertandingan sebelumnya.

Pertandingan ini datang hanya empat bulan setelah kedatangan Juergen Klopp ke Liverpool setelah ia menggantikan Brendan Rodgers.

Pada periode tersebut, ia berhasil menerapkan strategi "gegenpressing"nya pada kemenangan tandang kontra Chelsea, Manchester City, Southampton, dan Stoke.

Akan tetapi, Liverpool masih belum maksimal di Anfield.

Pada hari itu, Liverpool berhasil melepas 19 tembakan ke gawang akan tetapi hanya empat yang mengenai sasaran.

Laga kontra Man United ini menjadi kali pertama Liverpool gagal mencetak gol di Anfield sejak Juergen Klopp tiba.

Sebaliknya, Man United jauh lebih efisien dengan mencatatkan gol dari satu-satunya tembakan ke gawang mereka.

Juergen Klopp memang belum bisa melakukan banyak dengan tim peninggalan Brendan Rodgers ini.

Ia bahkan memainkan bek pinjaman dari QPR, Steven Caulker, sebagai penyerang pada menit-menit terakhir laga.

Menilik skuad yang bermain tiga tahun lalu, hanya kapten Jordan Henderson, James Milner, Adam Lallana, dan Roberto Firmino tersisa.

Di kubu Man United ada David De Gea, Ashley Young, Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Juan Mata. Sementara, Andreas Pereira dan Sergio Romero duduk di bangku cadangan.

Line Up Liverpool vs Man United pada 17 Januari 2016

LIVERPOOL (4-3-3): 22-Mignolet; 2-Clyne, 4-Toure (9-Benteke 81'), 17-Sakho, 18-Moreno; 14-Henderson, 21-Leiva, 23-Emre Can; 7-Milner (19-Caulker 90'), 11-Firmino, 20-Lallana (33-Ibe 76').

MAN UNITED (4-2-3-1): 1-De Gea; 18-Young (43-Borthwick-Jackson 42'), 12-Smalling, 17-Blind, 36-Darmian; 28-Schneiderlin, 27-Fellaini; 35-Lingard (8-Mata 66'), 21-Herrera (7-Depay 72'), 9-Martial; 10-Rooney.

https://www.kompas.com/sport/read/2020/01/17/082000567/terakhir-man-united-menang-di-anfield-rooney-cetak-gol-dan-klopp-pasang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke