Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Informasi Apa yang Diberikan Rumus Kimia tentang Suatu Senyawa?

Kompas.com - 09/08/2023, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comRumus kimia terdiri dari rumus molekul dan rumus empiris yang memberikan informasi tentang suatu senyawa. Informasi apa yang diberikan oleh rumus kimia? Rumus kimia suatu senyawa memberikan informasi tentang:

  • Unsur-unsur pembentuknya
  • Jumlah atom unsur-unsur penyusunnya
  • Perbandingan unsur-unsur

Baca juga: Rumus Kimia dan Tatanama Senyawa

Unsur-unsur pembentuknya

Rumus kimia juga memberikan informasi tentang unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa.

Misalnya, senyawa air dengan rumus kimia H2O berarti senyawa tersebut terbentuk dari unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O).

Jumlah atom unsur-unsur penyusunnya

Dilansir dari GeeksforGeeks, rumus kimia terutama rumus molekul memberikan informasi tentang banyaknya atom unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa.

Baca juga: Cara Menentukan Rumus Molekul dalam Senyawa

Misalnya, senyawa air dengan rumus molekul H2O. Artinya, satu molekul senyawa air tersusun dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

Atau misalnya, senyawa glukosa yang memiliki rumus kimia C6H12O6. Artinya, satu molekul glukosa terbentuk dari 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen.

Perbandingan unsur-unsur

Rumus kimia juga memberikan informasi tentang perbandingan unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa. Rumus kimia tersebut disebut sebagai rumus empiris.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, rumus empiris mewakili rasio (perbandingan) paling sederhana dari unsur-unsur dalam senyawa.

Baca juga: Perbedaan Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Misalnya, asam asetat memiliki rumus molekul C2H4O2. Artinya, asam asetat terbentuk dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen dengan perbandingan 2:4:2.

Perbandingan tersebut disederhanakan menjadi 1:2:1, sehingga asam asetat memiliki rumus empiris CH2O.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com