Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peramalan Penjualan: Pengertian, Tujuan, dan Metode

Kompas.com - 04/08/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Ramalan jualan merupakan faktor penting dalam perencanaan perusahaan karena ramalan jualan menentukan anggaran jualan, dan anggaran jualan menentukan anggaran produk, anggaran biaya pabrik, anggaran beban usaha, anggaran kas, anggaran laba-rugi dan anggaran neraca.

Dilansir dari buku Penganggaran Perusahaan (2013) karya M Nafarin, peramalan jualan adalah  proses aktivitas memperkirakan produk yang akan dijual pada masa mendatang dalam keadaan tertentu dan dibuat berdasarkan data yang pernah terjadi dan atau mungkin akan terjadi.

Baca juga: Pengertian dan Cara Pengukuran Volume Penjualan

Tujuan peramalan penjualan

Jika dilihat dari horizon waktu, maka tujuan peramalan penjualan  dapat diklasifikasikan atas tiga kelompok, yaitu: 

  • Peramalan jangka panjang

Peramalan jangka panjang umumnya 5-20 tahun, perencanaan ini digunakan untuk perencanaan produksi dan perencanaan sumber daya, dalam hal ini peranan top management sangat dibutuhkan dalam merencanakan tujuan peramalan.

  • Peramalan jangka menengah

Biasanya bersifat bulanan atau kuartal, digunakan untuk menentukan perhitungan aliran kas dan penentuan anggaran pada perencanaan dan pengendalian produksi, dalam hal ini peranan middle management yang dibutuhkan dalam merencanakan tujuan peramalan.

  • Peramalan jangka pendek 

Bersifat harian atau mingguan, digunakan untuk mengambil keputusan dalam kaitanya dengan penjadwalan tenaga kerja, mesin, bahan baku dan sumber daya produksi jangka pendek lainnya, peranan low management sangat dibutuhkan dalam menetapkan tujuan peramalan.

Tujuan utama peramalan adalah untuk meramalkan permintaan dimasa yang akan datang, sehingga diperoleh suatu perkiraan yang mendekati keadaan yang sebenarnya.

Peramalan tidak akan pernah sempurna, tetapi meskipun demikian hasil peramalan akan memberikan arahan bagi suatu perencanaan. 

Suatu perusahaan biasanya menggunakan prosedur peramalan yaitu diawali dengan melakukan peramalan lingkungan, diikuti dengan peramalan penjualan pada perusahaan dan diakhiri dengan peramalan permintaan pasar.

Baca juga: Pengertian Penjualan Bersih Menurut Ahli dan Rumusnya

Metode peramalan penjualan 

Disadur dari buku Aplikasi Manajemen Perusahaan: Analisis Kasus dan Pemecahannya (2011) oleh Siswandi, terdapat empat metode peramalan penjualan, yaitu: 

  • Metoda hunches

Metoda ini mengestimasikan penjualan yang akan datang berdasarkan data penjualan masa lampau yang dapat diperoleh melalui para tenaga penjual dan langganan yang mempunyai reaksi insentif terhadap berbagai kejadian umum.

  • Metoda survei pasar

Estimasi penjualan yang akan datang dapat diperoleh dari ekspresi langganan (konsumen) yang diungkapkan kepada para tenaga penjualan (penjualan people). Estimasi dengan model ini menghasilkan angka batas antara (interval number).

  • Metoda analisis serial waktu

Estimasi penjualan didasarkan atas hubungan antara waktu dan nilai penjualan. Gerakan nilai penjualan selama periode waktu tertentu paling sedikit dipengaruhi oleh musim, siklus, dan kecenderungan (seasonal, cyclical, and trend) dan dengan demikian maka masing-masing faktor yang memengaruhi ini akan sangat berpengaruh kepada aktivitas penjualan di masa yang akan datang.

  • Analisis dengan model ekonometrika

Metoda ini merupakan evaluasi yang sistematis atas dampak (pengaruh) sejumlah variabel independen (bebas) terhadap penjualan. 

Penggunaan metoda ini memerlukan analisis atas variabel independen dan variabel dependen (tergantung atau terikat). 

Analisis ekonometrika ini dimulai dari mengidentifikasi variabel yang berpengaruh terhadap penjualan suatu produk (baik volume maupun nilai). 

Umumnya indikator yang paling banyak disoroti adalah harga, produk pesaing, dan produk pengganti. Variabel seperti lama tersimpannya barang di gudang, kebijakan penjualan kredit dan selera konsumen kurang begitu banyak disoroti.

Baca juga: Retur Penjualan: Pengertian dan Contoh Jurnalnya

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com