Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimensi Dukungan Sosial Menurut Ahli

Kompas.com - 28/06/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dukungan sosial adalah informasi dan umpan balik dari orang yang lain yang menunjukkan bahwa seseorang dicintai dan diperhatikan, dihargai, dan dihormati dan dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban yang timbal balik.

Baca juga: Pengertian Dukungan Sosial Menurut Ahli

Beberapa dimensi dukungan sosial diungkapkan oleh ahli, berikut penjelasannya:

Dimensi dukungan sosial menurut Zimet dan kawan-kawan

Disadur dari jurnalnya Psychometric characteristics of the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (1990), terdapat tiga dimensi dukungan sosial, antara lain keluarga, teman dan orang yang dianggap penting (significant other).

Berikut penjelasannya:

  • Keluarga

Keluarga merupakan sumber dukungan yang dapat mengubah hidup individu. Keluarga menjadi pilihan yang paling banyak dipilih oleh individu sebagai sumber dukungan utama.

Keluarga dan hubungan kerja yang terjalin dalam keluarga merupakan sumber kekuatan dukungan yang nyata.

  • Teman

Dukungan yang berasal dari teman yaitu dukungan yang diberikan oleh teman kepada individu untuk memberikan bantuan dan meringankan permasalahan yang sedang dimiliki individu.

Kelompok teman memiliki hubungan yang lebih luas daripada keluarga karena lebih menyediakan dukungan yang nyata dalam permasalahan sehari-hari.

  • Orang lain yang dianggap penting (significant other)

Dukungan dari orang lain yang dianggap penting (significant other) yaitu dukungan yang diberikan oleh orang lain yang dianggap penting kepada individu dengan tujuan untuk memberikan bantuan ketika individu memiliki permasalahan.

Orang lain yang dianggap penting dapat merupakan orang yang mendukung atau spesial bagi individu, seperti pasangan kekasih, psikoterapis, suami atau istri, pengurus panti asuhan, pendeta dan orang lain yang dipercayai individu, di luar dari lingkup keluarga dan teman sebaya.

Baca juga: 3 Bentuk Identitas: Diri, Sosial, dan Budaya

Dimensi dukungan sosial menurut Cohen dan McKay

Dikutip dari buku Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (2012) oleh E.P Sarafino, terdapat lima dimensi dalam dukungan sosial, antara lain:

  • Dukungan emosional

Terdiri dari ekspresi seperti perhatian, empati dan turut prihatin kepada individu. Dukungan ini menyebabkan penerima dukungan merasa nyaman, tentram kembali, merasa dimiliki dan dicintai.

Dukungan ini dapat berupa bantuan dalam bentuk semangat, kehangatan personal dan cinta dalam upaya memotivasi pekerjaan pasangan.

  • Dukungan penghargaan

Dukungan ini melibatkan ekspresi yang berupa pernyataan setuju dan penilaian positif terhadap ide-ide, perasaan dan performa orang lain dalam lingkup pekerjaannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com