Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Penilaian Sumatif?

Kompas.com - 21/05/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Penilaian sumatif adalah salah satu bentuk penilaian yang ditujukan guru kepada siswanya.

Sering kali orang keliru menyamakan penilaian sumatif dengan formatif. Padahal keduanya memiliki perbedaan karakteristik.

Penilaian formatif adalah penilaian yang ditujukan untuk memantau serta memperbaiki proses pembelajaran, juga mengevaluasi tujuan belajarnya.

Lalu, bagaimana dengan penilaian sumatif? Apa itu penilaian sumatif?

Baca juga: Apa Itu Penilaian Formatif?

Pengertian penilaian sumatif

Dikutip dari situs Kemdikbud, penilaian sumatif adalah penilaian yang bertujuan menilai capaian tujuan pembelajaran dan/atau capaian pembelajaran siswa.

Penilaian sumatif adalah dasar atau penentu, apakah seorang murid akan naik kelas atau tidak, serta lulus tidaknya mereka dari satuan pendidikan.

Adapun penilaian ini dilaksanakan dengan membandingkan capaian hasil belajar siswa dengan kriteria yang ada.

Menurut Ika Sriyanti dalam buku Evaluasi Pembelajaran Matematika (2019), berikut pengertian penilaian sumatif:

Baca juga: Sumber Belajar: Pengertian dan Jenis-jenisnya

"Penilaian sumatif adalah penilaian dari waktu ke waktu, yang di dalamnya memuat satu atau lebih pokok bahasan, untuk mengetahui capaian belajar siswa."

Penilaian sumatif menjadi tolok ukur kemampuan siswa dalam menangkap materi dengan baik. Karena itu, penilaian ini menjadi penting bagi siswa.

Jadi, pengertian penilaian sumatif adalah penilaian yang dilaksanakan dari waktu ke waktu, untuk mengetahui capaian pembelajaran siswa.

Contoh penilaian sumatif

Dilansir dari buku Pembelajaran SD Berbasis Teknologi Digital (2020) karya Yalvema Miaz dkk, salah satu contoh penilaian sumatif adalah ujian akhir semester.

Penilaian akhir tahun, penilaian proyek, ujian akhir, ujian tengah semester, serta penilaian kemampuan berbicara juga termasuk contoh penilaian sumatif.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Gaya Belajar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com