Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Dukungan Sosial Menurut Ahli

Kompas.com - 12/06/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dukungan sosial didefinisikan sebagai informasi verbal atau nonverbal, saran, bantuan yang nyata atau tingkah laku yang diberikan oleh orang-orang yang akrab dengan subyek di dalam lingkungan sosialnya.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut pengertian dukungan sosial menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Taylor

Dukungan sosial adalah informasi dan umpan balik dari orang yang lain yang menunjukkan bahwa seseorang dicintai dan diperhatikan, dihargai, dan dihormati dan dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban yang timbal balik.

  • Menurut Wills

Dikutip dari buku Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (2012) oleh E.P Sarafino, Wills mengartikan dukungan sosial adalah mengarah kepada kenyamanan, kepedulian, penghargaan terhadap seseorang atau membantu seseorang menerima dari orang lain atau sekelompok.

Dukungan ini dapat dari sumber atau banyak sumber yang berbeda, pasangan seseorang yang dicintai, keluarga, teman, teman kerja, dokter, komunitas organisasi.

Seseorang dengan dukungan sosial percaya mereka dicintai dan dipedulikan, dihargai, bagian dari jaringan sosial seperti keluarga, atau komunitas organisasi ini akan memberikan barang atau jasa dan saling pembelaan pada saat diperlukan.

Baca juga: Teori Kesejahteraan Sosial

  • Menurut Uchino

dukungan sosial adalah penerimaan seseorang dari orang lain atau kelompok berupa kenyaman, kepedulian, penghargaan ataupun bantuan lainya, yang membuat individu merasa disayangi, diperhatikan, dan ditolong.

Tersedianya dukungan sosial akan membuat individu merasa bahwa dirinya dicintai,berharga dan menjadi bagian dari suatu kelompok.

  • Menurut Shumaker dan Brownell

Dukungan sosial adalah pertukaran sumber-sumber, yaitu berupa dukungan yang dilakukan minimal oleh dua individu yang disadari oleh pemberi maupun penerima yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan penerima.

  • Menurut Frey dan Rothlisberger

Dukungan sosial merupakan ketentuan dan efek dari dukungan yang diperoleh melalui hubungan secara luas yang ditentukan oleh individu yang dirasa telah cukup.

  • Menurut Lin

Dilansir dari buku The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (1988) oleh Zimet dan kawan-kawan, Lin mendefinisikan dukungan sosial adalah proses penilaian individu terhadap bantuan yang diberikan yang terdiri dari informasi atau nasehat, baik bersifat verbal maupun tidak verbal, perhatian, bantuan instrumental, diperoleh dari komunitas, hubungan sosial dan partner yang dipercaya.

  • Menurut Sheridan dan Radmacher

Dukungan sosial merupakan kehadiran orang lain yang dapat menyebabkan individu percaya bahwa dirinya dicintai, diperhatikan dan merasa bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompok sosial, yaitu keluarga, teman dekat dan rekan kerja.

Baca juga: 8 Bentuk Akomodasi sebagai Interaksi Sosial

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com