Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekatan Ekologi: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 25/02/2023, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPendekatan geografi yang digunakan dalam mengkaji hubungan antara organisme dan lingkungannya adalah pendekatan ekologi (kelingkungan).

Dalam mengkaji hubungan organisme dengan lingkungannya, pendekatan ekologi ini memakai sejumlah konsep perilaku.

Pengertian pendekatan ekologi

Dikutip dari jurnal Tinjauan Pendekatan Ekologi tentang Perilaku Pengasuhan Orangtua (2004) oleh Budi Andayani, berikut pengertian pendekatan ekologi:

"Pendekatan ekologi adalah perspektif yang mempelajari perkembangan organisme dengan memperhatikan berbagai faktor lingkungan yang ada."

Pendekatan ini memandang manusia sebagai bagian dari suatu sistem. Sehingga manusia dan lingkungannya akan senantiasa berkaitan.

Baca juga: Perbedaan antara Pendekatan Keruangan dan Ekologi

Dalam konteks geografi, pendekatan ekologi adalah pendekatan yang menganalisis keterkaitan fenomena geosfer dengan variabel lingkungan yang ada.

Pendekatan ini sering juga disebut pendekatan kelingkungan atau ecological approach.

Dilansir dari situs Taki Government College, pendekatan ekologis adalah prinsip dasar yang mempelajari interaksi timbal balik organisme dengan lingkungannya.

Oleh karena itulah, dalam fenomena geosfer, manusia dianggap sebagai bagian integral dari lingkungan sekitar.

Jika disimpulkan, pendekatan ekologi adalah pendekatan yang mempelajari hubungan dan perkembangan organisme dalam lingkungan.

Contoh pendekatan ekologi

Salah satu contoh pendekatan ekologi adalah kemampuan manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhannya.

Misal, manusia memanfaatkan ikan dan sumber daya laut lainnya untuk dikonsumsi dan mencari nafkah.

Baca juga: Ekologi: Definisi, Ruang Lingkup, Asas dan Manfaatnya

Contoh pendekatan ekologi lainnya, yakni fenomena gempa bumi dan dampak yang dirasakan manusia sebagai bagian dari lingkungan.

Pada dasarnya, pendekatan ekologi menekankan pada sikap bijaksana manusia dalam menggunakan sumber daya alam dan menjaga lingkungannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com