Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan antara Pendekatan Keruangan dan Ekologi

Kompas.com - 27/12/2022, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Ada tiga pendekatan dalam ilmu geografi, yakni pendekatan keruangan, ekologi, serta kewilayahan.

Ketiga pendekatan ini memiliki karakteristik, tujuan, serta ruang lingkup yang berbeda. Sehingga penggunaannya pun disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut Erman Syarif dalam buku Masyarakat Adat Karampuang (2019), pendekatan kewilayahan dilakukan untuk mencari perbedaan atau persamaan antarwilayah.

Lalu, bagaimana dengan pendekatan keruangan dan ekologi?
Tahukah kamu, bahwa keduanya berbeda?

Berikut penjelasannya:

Bedanya pendekatan keruangan dan ekologi

Pendekatan keruangan disebut juga spasial analisis. Adalah pendekatan untuk mencari kesamaan atau perbedaan fenomena geosfer lewat sudut pandang keruangan.

Baca juga: Metode Pendekatan dalam Ilmu Geografi

Sementara itu, dikutip dari buku Dosen Penggerak dalam Era MBKM (2021) oleh Syarifuddin, berikut pengertian pendekatan ekologi:

"Pendekatan ekologi adalah cara pandang geografi terhadap fenomena geosfer dalam kesatuan ruang yang saling berkaitan dan membentuk suatu sistem."

Sederhananya, pendekatan ini dilakukan untuk mengkaji fenomena dengan mengamati interaksi organisme dengan lingkungannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, apa perbedaan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi?

Perbedaan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi adalah keruangan mengkaji kesamaan atau perbedaan fenomena lewat perpestif ruang.

Sedangkan ekologi, sifatnya lebih luas. Karena pendekatan ini mempelajari fenomena di beberapa ruang yang saling berbubungan.

Baca juga: Alasan Pentingnya Penelitian dalam Geografi

Bedanya pendekatan keruangan dan ekologi juga terletak pada fokusnya.

Keruangan lebih fokus pada perspektif ruang, sedangkan ekologi berfokus pada perilaku organisme terhadap lingkungannya.

Sebagai contoh, pendekatan keruangan berupaya mengkaji pembukaan lahan untuk permukiman baru. Sehingga perlu dilihat jenis tanah, keadaan air, dan sebagainya.

Sementara itu, contoh pendekatan ekologi adalah kemampuan manusia untuk memanfaatkan lingkungan sekitarnya, seperti nelayan mencari ikan dan petani menanam padi.

Kesimpulannya, apa perbedaan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi? Perbedaannya terletak pada pengertian, fokus, serta contohnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com