Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tipe Kegiatan Manajemen dan Penjelasannya

Kompas.com - 23/01/2023, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan manajemen adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan.

Aktivitas ini dilakukan untuk meraih apa yang menjadi tujuan utama organisasi. Bisa dikatakan bahwa manajemen adalah cara atau metodenya.

Sebutkan dan jelaskan 3 tipe kegiatan manajemen

Dikutip dari buku Dasar-dasar Manajemen (2020), oleh Nurmadhani Fitri Suyuthi dkk, berikut tiga tipe kegiatan manajemen:

  • Perencanaan strategis
  • Pengendalian manajemen
  • Pengendalian operasi.

Berikut penjelasannya:

Perencaan strategis

Dilansir dari buku Pengantar Manajamen (2022), karya Nur Cahyadi dkk, perencanaan strategis adalah tipe kegiatan manajemen yang paling tinggi.

Sebab, aktivitas ini ditujukan sebagai proses pemecahan evaluasi lingkungan, terutama di luar organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Kekuasaan dan Wewenang dalam Manajemen

Jenis kegiatan manajemen ini turut melibatkan penerapan tujuan organisasi, serta penentuan strategi yang ingin diambil dan dilaksanakan.

Biasanya perencanaan strategis dilakukan oleh manajer tingkat atas (top manager), yang memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan.

Pengendalian manajemen

Tipe kegiatan manajemen yang kedua adalah pengendalian. Merupakan suatu sistem yang dapat digunakan untuk memengaruhi organisasi.

Maksudnya, aktivitas ini bisa menjadi alat untuk mencari tahu apakah organisasi telah menjalankan strateginya dengan baik serta efisien.

Bentuk kegiatan manajemen ini biasanya dilakukan oleh manajemen tingkat menengah (middle manager).

Contoh kegiatan manajemen yang biasanya dilakukan pada tingkatan ini adalah penyusunan anggaran, pembuatan program, hingga analisis pekerjaan.

Baca juga: Elemen Dasar Pengendalian Manajemen

Pengendalian operasi

Adalah jenis kegiatan manajemen yang dilaksanakan untuk meyakinkan bahwa pekerjaan sudah dilakukan secara efektif dan efisien.

Bentuk kegiatan manajemen ini merupakan pelaksanaan (aksi nyata) dari program pengendalian manajemen yang telah dirancang sebelumnya.

Biasanya tipe kegiatan manajemen ini dilakukan di bawah kendali sang pengendali manajemen serta manajemen tingkat bawah (low manager).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com