Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Musik Vokal?

Kompas.com - 17/01/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada berbagai jenis musik dalam seni musik, salah satunya adalah musik vokal. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan musik vokal? Untuk mengetahui jawabannya, berikut adalah penjelasan tentang musik vokal!

Pengertian musik vokal

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, musik vokal adalah jenis musik untuk suara solo ataupun kombinasi suara, dengan maupun tanpa iringan instrumental.

Musik vokal ditekankan pada kekuatan suara daripada musik instrumental (musik yang dilagukan oleh alat musik). Sehingga, musik vokal dapat menggunakan musik instrumental ataupun tidak.

Baca juga: 4 Syarat Menyanyi Secara Vokal Grup

Sederhananya musik vokal adalah musik yang dinyanyikan oleh suara manusia dan dapat diiringi oleh musik instrumental ataupun tidak.

Contoh musik vokal

Apa saja yang termasuk musik vokal? Contoh musik vokal adalah akapela, opera, dan beatbox. Berikut adalah penjelasannya!

Akapela

Dilansir dari The International School of Music, akapela adalah musik yang dinyanyikan oleh suara manusia tanpa iringan musik instrumental.

Biasanya akapela dilakukan oleh beberapa orang dengan nada suara yang berbeda.

Baca juga: Akapela: Pengertian dan Ciri-cirinya

Opera

Contoh musik vokal selanjutnya adalah opera. Dilansir dari English National Opera, opera adalah jenis musik yang menceritakan cerita melalui musik dan nyanyian tanpa adanya penyeras suara.

Artinya, penyanyi opera harus memiliki suara yang keras agar dapat didengar oleh seluruh penonton dalam teater.

 

Beatbox

Beatbox adalah contoh musik vokal yang menggunakan suara manusia untuk menciptakan berbagai jenis suara dengan menggunakan bibir, mulut, ludah, dan tubuh mereka sendiri.

Beatbox dapat tampir secara perorangan maupun berkelompok dengan atau tanpa diiringi musik instrumental.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com