4 Syarat Menyanyi Secara Vokal Grup

Kompas.com - 25/01/2021, 18:21 WIB
Ilustrasi paduan suara SHUTTERSTOCK/ Monkey Business ImagesIlustrasi paduan suara

KOMPAS.com - Menyanyi merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bernyanyi juga baik untuk kesehatan mental seseorang.

Aktivitas bernyanyi tidak terlalu susah untuk dilakukan, jika memperhatikan berbagai hal. Contohnya adalah teknik pengambilan napas diafragma yang harus benar dan tepat.

Selain itu, dalam bernyanyi juga harus memperhatikan artikulasi atau pelafalan suku kata dari lirik lagu dengan benar dan jelas.

Menyanyi bisa dilakukan oleh satu orang, dua orang atau sekelompok orang dalam bentuk vokal grup. Semuanya memiliki beberapa teknik lanjutan yang agak sedikit berbeda.

Misalkan ketika bernyanyi dalam vokal grup, tentunya harus memperhatikan pembagian suara, agar lagu yang dinyanyikan semakin bagus dan menjadi nilai tambah.

Selain pembagian suara, ada empat syarat yang harus diperhatikan saat sedang bernyanyi vokal grup.

Baca juga: Bernyanyi Unisono: Pengertian, Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia

Aa sajakah itu? Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

  • Memiliki serta menguasai kemampuan teknik vokal yang mumpuni

Syarat utama yang harus dimiliki oleh semua penyanyi adalah kemampuan bernyanyi yang baik. Teknik vokal ini juga termasuk posisi tubuh yang tepat saat sedang bernyanyi.

Kemampuan teknik vokal ini juga termasuk penguasaan teknik napas yang tepat. Teknik pernapasan dalam bernanyi adalah dengan pernapasan diafragma.

Teknik vokal, misalnya seperti resonansi yang sangat berpengaruh pada keindahan suara grup vokal. Posisi tubuh misalnya berdiri atau duduk juga berpengaruh pada cara pengambilan napas. Khususnya jika saat menyanyi akan mengambil nada tinggi dan cukup lama, maka harus mengatur napas terlebih dahulu.

Teknik vokal dan posisi tubuh memang tidak bisa langsung dikuasai, terlebih lagi jika bernyanyi dalam vokal grup. Namun, semuanya bisa dilatih secara bersama-sama dan perlahan.

  • Intonasi dan artikulasi harus jelas

Saat sedang bernyanyi, penyanyi sedang berusaha menyampaikan pesan lewat lagunya. Maka dari itu, intonasi serta artikulasi haruslah jelas.

Intonasi yang tepat akan membuat suara vokal grup semakin jernih dan indah untuk didengar. Sedangkan artikulasi berarti pengucapan.

Kedua hal ini menjadi salah satu syarat penting bernyanyi dalam vokal grup, karena tentunya setiap anggota memiliki karakteristik suara yang berbeda.

Jika intonasi kurang baik tetapi artikulasi baik, juga akan berpengaruh pada hasil vokal yang menjadi kurang jernih.

Sedangkan jika intonasi baik dan artikulasi kurang baik, akan berpengaruh pada hasil vokal yang menjadi kurang jelas dan tidak bisa dipahami lirik lagu dan pesannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X