Kompas.com - 09/01/2021, 10:00 WIB
Kehilangan Pekerjaan Sejak Pandemi Covid, 2 Pemuda Sulap Cangkang Kerang Jadi Aneka Kerajinan Cantik dan Laris KOMPAS.COM/JUNAEDIKehilangan Pekerjaan Sejak Pandemi Covid, 2 Pemuda Sulap Cangkang Kerang Jadi Aneka Kerajinan Cantik dan Laris
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Keberadaan limbah sering kali dijauhi orang karena dianggap sebagai barang kotor, tidak berguna, dan tidak memiliki manfaat.

Padahal jika limbah organik khususnya mampu dimanfaatkan dengan baik dibuat sebuah kerajinan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Salah satu limbah organik yang bisa dimanfaatkan dengan dibuat kerajinan adalah cangkang kerang.

Jika cangkang kerang yang biasanya dibuang, bisa diolah menjadi produk kerajinana yang bernilai tinggi.

Dikutip dari jurnal Pengolahan Kulit Kerang untuk Bahan Baku Kerajinan (2009) karya Endang Pristiwati, Subagjo Subagjo, kulit kerang (cangkang) untuk dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan perlu diolah terlebih dahulu.

Baca juga: Kerajinan dari Bahan Limbah Kertas

Pengolahan dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, bau dan menghilangkan lapisan kulit luar agar supaya lapisan kulit mutiara (kulit dalam) bisa nampak.

Pengolahan kulit kerang dapat dilakukan dengan cara kimia dan mekanik.

Pengolahan kulit kerang cara kimia dilakukan dengan merendam didalam larutan asam klorida atau cuka, sedangkan untuk cara mekanik dilakukan dengan menggunakan gerinda.

Dikutip dari buku Pengelolaan Wilayah Pesisir yang Terpadu untuk Ketahanan Nasional (2020) karya Syifa Saputra dan kawan-kawan, cangkang kerang biasanya simetri bilateral, mempunyai sebuah mantel yang berbentuk seperti daun telingan atau cuping dan cangkap setangkup.

Kulit kerang meruakan bahan yang memiliki kandungan mineral dan umumnya karbonat tinggi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X