Pertunjukan Musik: Pengertian dan Bentuk Penyajian Musik

Kompas.com - 09/01/2021, 11:00 WIB
Penonton menyaksikan pertunjukan musik di gelaran JakIPA di Monas, Jakarta Pusat. Sabtu (16/11/2019) KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIPenonton menyaksikan pertunjukan musik di gelaran JakIPA di Monas, Jakarta Pusat. Sabtu (16/11/2019)
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menghadiri sebuah pertunjukan musik dari berbagi genre musik baik musik tradisional, pop, jazz, atau keroncong?

Ketika kamu menghadiri pertunjukan musik akan melihat beberapa pihak yang terlibat dalam pertunjukan tersebut. Sehingga membuat pertunjukan berjalan lancar dan menarik.

Dalam pertunjukan musik pastinya harus mempersiapkan terlebih dahulu semua yang diperlukan, mulai dari acaranya (materi), bintang tamunya, penataan panggung hingga tata lampu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah pertunjukan berarti sesuatu yang dipertunjukan atau tontonan (bioskop,wayang, dan sebagainya), atau juga pameran.

Dikutip dari buku Musik dan kosmos: sebuah pengantar etnomusikologi (2000) karya Shin Nakagawa, pertunjukan adalah kegiatan mempertunjukkan kesenian, baik pertunjukan musik, drama atau pertunjukan lainnya.

Kegiatan tersebut merupakan hal yang biasa bagi pamain atau penari.

Baca juga: Jenis Penyajian dan Kelompok Musik Ansambel

Pertunjukan musik selalu tergantung pada konteks dan setiap pertunjukan selalu ada improvisasi.

Pertunjukan musik merupakan suatu penyajian fenomena bunyi yang disajikan dalam bentuk musik yang berkualitas. Di mana untuk dapat didengar dan dinikmati oleh manusia.

Karena musik adalah nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Bentuk pertunjukan musik

Dalam pertunjukan musik ada beberapa bentuk penyajian yang erat kaitannya dengan tujuan dan jenis musik yang disajikan.

Baca juga: Bentuk Penyajian Musik Jenis Ansambel

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X