Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Musik Ansambel dan Contohnya

Kompas.com - 21/03/2022, 18:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Musik adalah karya seni yang berkembang sejak lama. Saat menyanyikan lagu, musik harus disertai dengan instrumen ddan media lainnya. 

Ansambel musik merupakan gabungan dari beberap ajenis alat musik yang dapat dimainkan secara harmonis. Teknik bermain yang berbeda diperlukan untuk setiap instrumen.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, ansambel artinya sekelompok musisi (penyanyi) yang secara teratur tampil bersama. 

Music ansambel modern cenderung tidak selalu berpatokan pada musik klasik, namun cenderung kontemporer dan inovatif. Kemudian menggunakan aransemen yang variatif dan banyak jenis instrument musick. 

Sedangkan dikutip dari buku Handicrafts and Music Arts (1996) karya A. Yudana Basuki, musik ansambel adalah suatu bentuk pertunjukan musik yang dilakukan oleh banyak orang dengan menggunakan alat musik tertentu dan memainkan lagu-lagu sederhana. 

Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis, dan alat musik harmonik, sesuai dengan peran dan fungsinya.

Baca juga: Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Dalam penyajiannya, beberapa instrumen bertindak sebagai pembawa melodi utama, dan beberapa lainnya bertindak sebagai pengiring. 

Klasifikasi fungsional musik ansambel terbagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok alat musik ritmis, kelompok alat musik melodis, dan kelompok alat musik harmonik.

Contoh musik ansambel 

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, musik ansambel terbagi menjadi dua, yakni ansambel sejenis dan campuran. 

Musik ansambel sejenis, seperti gitar, piano, pianika, biola dan alat musik lainnya. Sedangkan ansambel campuran yaitu memainkan berbagai alat musikyang berbeda. 

Berikut contoh musik ansambel tradisional di Indonesia, yakni: 

No Alat musik ansambel tradisional Indonesia Asal daerah  Cara memainkan musik
1 Sasando Nusa Tenggara Timur Dipetik
2 Tifa Papua Dipukul
3 Angklung Jawa Barat Digetarkan atau digoyang
4 Gamelan Jawa Tengah Dipukul
5 Rebab Jawa Barat Digesek
6 Aramba Sumatera Utara Dipukul
7 Kombi Papua Ditepuk
8 Saluang Sumatera Barat Ditiup
9 Gambus Riau Dipetik
10 Sarune Kalee Aceh Ditiup

Baca juga: Pertunjukan Musik: Pengertian dan Bentuk Penyajian Musik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com