Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kerajaan Medang Kamulan Secara Singkat 

Kompas.com - 13/01/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jawa Tengah

 

KOMPAS - Kerajaan Medang Kamulan merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah. Kerajaan Medang Kamulan terletak di Jawa Timur tepatnya di muara Sungai Brantas dengan Watumas sebagai ibu kotanya.

Dilansir dari buku Mengenal Kerajaan-Kerajaan Nusantara (2009) oleh Deni Prasetyo, Kerajaan Medang Kamulan didirikan oleh Mpu Sindok setelah memindahkan pusat pemerintahannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur sekitar abad ke-9 Masehi.

Mpu Sindok sebenarnya keturunan raja-raja Dinasti Sanjaya yang berkuasa di Mataran Lama. Karena ada tekanan dari Sriwijaya dan bencana alam, Mpu Sindok memutuskan untuk memindahkan pusat pemerintahannya ke Jawa Timur.

Mpu Sindok kemudian merintis duinasti baru dengan gelar nama Mpu Sindok Isyanattunggadewa yang kemudian memerintah di Medang Kamulan selama satu abad. Sekaligus menjadi raja pertama di Kerajaan Medang Kamulan.

Baca juga: Perkembangan Kerajaan Pajang dan Mataram

Kejayaan Kerajaan Medang Kamulan

Dalam pemerintahannya, Mpu Sindok bersama permaisuri, Sri Wardhani terus berusaha membuat rakyat Medang hidup sejahtera dan makmur. Mpu Sindok mulai membangun bendungan dan tanggul untuk meningkatkan pertanian.

Setelah Mpu Sindok wafat, pemerintahan kerajaan digantikan oleh Sri Isyana Tunggawijaya selaku putri dari Mpu Sindok.

Sri Isyana Tunggawijaya kemudian menikah dengan Raja Lokapala dan melahirkan anak laki-laki bernama Makutawangsawardhana yang kemudian naik takhta menggantikan ibunya.

Makutawangsawardhana memiliki dua orang anak, yaitu putri bernama Mahendradatta yang terkenal karena kecantikannya dan Dharmawangsa Teguh.

Putri Mahendradatta menikah dengan Raja Udayana yang memerintah di Bali dan kemudian melahirkan anak bernama Airlangga.

Sedangkan Dharmawangsa Teguh yang menggantikan ayahnya, Makutawangsawardhana sebagai Raja Kerajaan Medang yang memerintah sejak tahun 990 Masehi.

Dikutip dari buku Mencari Jejak Kahuripan: Kerajaan Hindu Tertua dan Terlama di Tanah Jawa (2016) oleh Wianto W, dalam pemerintahannya, Raja Dharmawangsa berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, di antaranya dengan meningkatan pertanian dan perdagangan.

Baca juga: Perjanjian Giyanti, Memecah Kerajaan Mataram Menjadi Dua

Usahanya untuk memperluas kekuasaan politik dan ekonomi, Raja Dharmawangsa menaklukan Kerajaan Sriwijaya. Pihaknya mengerahkan seluruh angkatan laut untuk menyerang Sriwijaya.

Hal ini dilakukan Raja Dharmawangsa karena perdagangan di wilayah perairan Jawa dan Sumatera masih dikuasai Sriwijaya. Sehingga menjadi hambatan untuk perkembangan ekonomi dan perdagangan di Kerajaan Medang Kamulan.

Akibat serangan dari Kerajaan Medang Kamulan, Sriwijaya sempat mengalami kemunduran namun bisa bangkit kembali.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Medang.Wikimedia Commons/Gunawan Kartapranata Wilayah kekuasaan Kerajaan Medang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com