Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kidal: Pengertian, Penyebab, dan Kelebihan

Kompas.com - 12/01/2023, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kidal disebut juga sinitralitas yaitu kondisi di mana seseorang lebih suka menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan untuk kegiatan rutin.

Dilansir dari buku Teras Literasi (2019) oleh Nurul Husna Salahuddin dan teman-teman dikatakan, pengertian kidal adalah kondisi dengan seseorang cenderung untuk lebih aktif menggunakan tangan sebelah kirinya dibandingkan tangan kanan. 

Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa seorang kidal bisa disebabkan oleh faktor genetik atau warisan secara turun temurun.

Karena para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa kidal cenderung berjalan dalam keluarga. Alhasil, diasumsikan bahwa kidal memiliki komponen genetika, dengan kata lain kidal dilahirkan seperti itu.

Orang yang kidal lebih sering menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanannya. Selain itu, biasanya ia menggunakan tangan kirinya ketika melakukan aktivitas, seperti menyisir rambut, memasak, dan sebagainya.

Baca juga: Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama

Penyebab kidal 

Disadur dari buku Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini (2022) oleh Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, beberapa penyebab kidal yakni: 

  • Modeling 

Anak yang kidal bisa disebabkan oleh perilaku modelling. Artinya, anak memiliki role model atau meniru seseorang yang berada di sekitarnya yang menggunakan tangan kiri (kidal). 

Hal ini karena, salah satu karakter anak adalah peniru. Anak-anak mempelajari segala sesuatu dengan melihat apa yang ada di sekitarnya. 

  • Tidak dibiasakan 

Faktor penyebab kidal lainnya yaitu pembiasaan yang salah atau ketidaksengajaan untuk tidak membiasakan anak menggunakan tangan kanan. 

  • Cara ibu menyusui

Kidal bisa dipengaruhi dari cara ibu menyusui. Kondisi perlakukan ibu saat menyusui bayi dengan ASI berpengaruh kuat bagi perkembangan tangan kiri anak. 

Gaya ibu menyusui bayinya yang selalu miring ke kiri, sementara bayinya saat menyusu selalu miring ke kanan akan menghambar perkembangan motorik tangan dan kaki kanan.  

Pada saat yang sama, ibu bisa memberi keleluasaan kepada tangan dan kaki kiri untuk mengembangkan respon yang diinginkan bayi. 

Baca juga: Manfaat Tersembunyi di Balik Makan Pakai Tangan

Kelebihan orang kidal

Beberapa kelebihan orang kidal, sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa seni dan kreatif

Orang kidal menggunakan otak kanan lebih besar dibandingkan dengan otak kirinya. Otak kanan digunakan untuk proses berpikir secara kreatif, intuitif, dan visual, karenanya kebanyakan orang kidal memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi.  

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com