Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Wirausaha dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 03/01/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Masalah yang umum dihadapi oleh negara berkembang, seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran. Salah satu cara untuk mengatasinya diperlukan peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia.

Dikutip dari buku Kewirausahaan: Pola Pikir, Pengetahuan, dan Keterampilan (2018) oleh Sarfilianty Anggiani, pengertian wirausaha adalah manusia yang tangguh dan unggul dalam melakukan suatu hal.

Wirausaha berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan, sikap pantang menyerah, berani mencoba hal baru, terampil, dan kreatif.

Wirausaha memegang peran penting dalam kegiatan ekonomi, terlebih untuk pembangunan negara salah satunya Indonesia.

Adanya kegiatan wirausaha, maka peluang masyarakat untuk sukses semakin besar dan berani mencoba hal baru.

Baca juga: Inovasi dalam Wirausaha: Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Manfaat

Beberapa peran wirausaha dalam membangun ekonomi Indonesia, yaitu:

  • Membuka jenis usaha baru

Pengembangan jenis usaha baru menambah keragaman karakteristik usaha di Indonesia. Di samping menjadi kreatif dalam mengembangkan usaha, pengembangan ini juga memungkinkan perekrutan talenta baru atau penyerapan tenaga kerja.

  • Menyediakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja

Ketika seorang wirausahawan membuka usaha, maka ia juga dapat turut membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja yang membutuhkan. Karena itu, secara langsung, kewirausahaan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan menyerap tenaga kerja.

  • Mengurangi kesenjangan ekonomi

Dengan adanya wirausaha, masyarakat yang masih pengangguran dapat langsung bekerja karena lapangan pekerjaan telah tersedia. Dengan bekerja maka masyarakat akan mendapatkan penghasilan sehingga kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin bisa berkurang.

Baca juga: Maksud dari Wirausaha Harus Berorientasi ke Masa Depan

  • Menumbuhkan produktivitas nasional

Sebuah wirausaha dapat mengenalkan metode baru berproduksi yang lebih komersial, baik berdasarkan pengalaman maupun hasil kajian ilmiah dari suatu penelitian.

Wirausaha juga dapat membuka pasar baru, baik dalam negeri atau pun di negara yang sebelumnya belum ada pasar. Keduanya dapat menumbuhkan produktivitas nasional.

  • Meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional

Sebuah wirausaha dapat menggali sumber pasokan bahan baku baru bagi industri setengah jadi atau industri akhir. Wirausaha juga dapat mengenalkan produk baru dan kualitas baru dari suatu produk.

Bentuk-bentuk wirausaha ini, bersama bentuk wirausaha yang menumbuhkan produktivitas nasional, juga mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan pendapatan masyarakat.

  • Menambah pendapatan negara melalui pajak

Wirausahawan yang ada akan membayar pajak kepada negara. Dengan bertambahnya jumlah wirausaha setiap tahunnya, maka semakin banyak yang membayar pajak usaha kepada negara.

  • Mengombinasikan faktor-faktor produksi

Sebuah wirausaha dapat mengkombinasikan berbagai faktor produksi dalam sebuah operasinya. Beberapa faktor produksi yang dapat dikombinasikan di antaranya seperti alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian.

Baca juga: Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usahanya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com