Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Wirausaha Perlu Menumbuhkan Gagasan Kreatif?

Kompas.com - 16/03/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wirausaha harus berani mencoba hal baru dan punya sikap pantang menyerah. Seorang wirausaha juga harus mampu menumbuhkan gagasan kreatif.

Kesuksesan wirausaha tidak didapatkan secara instan, melainkan lewat proses panjang yang kadang disertai kegagalan.

Dilansir dari buku Kewirausahaan (2020) karya Muhammad Dinar, dkk, Schumpeter mendefinisikan wirausaha sebagai orang yang mampu mendobrak sistem ekonomi yang ada, dengan memperkenalkan barang atau jasa baru, serta menciptakan organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

Alasan wirausaha perlu menumbuhkan gagasan kreatif

Ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausaha, yaitu berkomitmen dalam bekerja, mandiri, berani menghadapi risiko, dan inovatif.

Karakteristik yang tidak kalah penting dan harus dimiliki wirausaha ialah kreativitas.

Dikutip dari buku Technopreneurship: Wirausaha Berbasis Digital (2021) oleh Jeni Irnawati, dkk, kreativitas termasuk karakteristik penting yang harus dimiliki seorang wirausaha.

Baca juga: Cara Memperluas Wawasan dan Kreativitas dalam Hal Wirausaha

Sebab, kreativitas akan senantisa diperlukan seorang wirusaha dalam berinovasi atau menciptakan hal baru.

Kreativitas tidak selalu berarti mampu menciptakan hal baru dan unik, namun juga meliputi kemampuan untuk menumbuhkan gagasan kreatif.

Wirausaha perlu menumbuhkan gagasan kreatif agar mampu bersaing dengan kompetitornya. Gagasan kreatif juga diperlukan untuk menciptakan produk atau jasa yang nantinya diharapkan bisa diminati masyarakat.

Gagasan kreatif yang diciptakan wirausaha, antara lain inovasi produk atau jasa, strategi untuk berhasil bersaing dan mempertahankan usahanya, kemampuan melihat tiap peluang yang ada, serta jalan keluar atau solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Dalam buku Kewirausahaan (2019) karya Hamdani dan Syamsul Rizal, dituliskan bahwa gagasan kreatif yang dimiliki juga harus dilaksanakan.

Hal ini membutuhkan tindakan nyata, dan keberanian untuk mencoba serta menghadapi risiko atau masalah yang mungkin dihadapi di masa mendatang.

Jika disimpulkan, ada dua alasan utama mengapa wirausaha perlu menumbuhkan gagasan kreatif, yakni:

  1. Agar mmpu bersaing dengan kompetitor usahanya
  2. Diperlukan untuk menciptakan produk atau jasa.

Baca juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com