Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid, Meteoroid, Meteor, dan Meteorit

Kompas.com - 10/10/2022, 14:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Tiara Suci Apriliani, Guru SD Negeri Kudaile 05 Slawi, Tegal, Jawa Tengah

 

KOMPAS.com - Dalam sistem tata surya, matahari merupakan pusatnya. Planet-planet bergerak mengelilingi matahari sesuai dengan orbitnya masing-masing. Orbit merupakan lintasan planet yang berbentuk elips.

Planet-planet tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi bintang dapat memancarkan cahaya. 

Planet anggota tata surya antara lain Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain matahari, planet, dan bintang, terdapat pula benda langit lain yang mengisi tata surya.

Benda langit tersebut antara lain asteroid, meteoroid, meteor, dan meteorit. Benda-benda langit tersebut juga mengelilingi matahari.

Baca juga: Asteroid: Pengertian, Letak, dan Jenisnya

Apakah yang dimaksud dengan asteroid, meteoroid, meteor, dan meteorit? Berikut adalah penjelasannya:

Asteroid

Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART yang menembakkan mesin ion NEXT?C untuk menghancurkan asteroid.  NASA/Johns Hopkins APL Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART yang menembakkan mesin ion NEXT?C untuk menghancurkan asteroid.

Asteroid disebut juga planetoid. Asteroid merupakan planet kecil yang mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Lintasan asteorid terletak di antara lintasan planet Mars dan Jupiter. Sama halnya dengan planet, lintasan asteroid berbentuk elips.

Asteroid terbesar dinamakan Ceres. Meskipun demikian, asteroid pertama yang ditemukan adalah Chiron. Asteroid Chiron mengorbit di antara lintasan planet Saturnus dan Uranus.

Asteroid merupakan benda langit yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan planet. Tetapi, ukuran asteroid lebih besar dibandingkan meteoroid.

Baca juga: Meteoroid: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Proses Terbentuknya 

Meteoroid

Ilustrasi meteoroid dibandingkan dengan benda langit lainnyasciencenotes.org Ilustrasi meteoroid dibandingkan dengan benda langit lainnya

Meteoroid merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan yang tidak tetap. Meteoroid melayang-layang secara bebas di angkasa.

Meteoroid tidak mengelilingi benda apa pun. Meteoroid berbentuk kecil. Meteoroid sering dipercaya sebagai pecahan komet atau asteroid.

Meteor

Ilustrasi meteor jatuh ke BumiSHUTTERSTOCK/MARKO ALIAKSANDR Ilustrasi meteor jatuh ke Bumi

Meteoroid dapat jatuh di bumi. Bumi memiliki lapisan udara yang disebut atmosfer. Salah satu fungsi atmosfer yaitu melindungi bumi dari benda-benda langit.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com