Kompas.com - 01/10/2022, 16:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Perkembangbiakan hewan merupakan salah satu karakteristik dasar yang dimiliki hewan sebagai makhluk hidup. Hal ini dilakukan untuk melestarikan generasi dan terhindar dari kepunahan. 

Secara umum, ada dua perkembangbiakan hewan yaitu dengan cara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif).  

Perkembangbiakan seksual (generatif) yaitu perkembangbiakan melalui pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sementara, perkembangbiakan aseksual atau vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui perkawinan. 

Pada umumnya, perkembangbiakan vegetatif terjadi pada hewan tingkat rendah. Hewan tingkat rendah yang dimaksud memiliki struktur tubuh yang tidak sempurna.

Perkembangbiakan vegetatif pada hewan dapat dilakukan dengan cara pertunasan, membelah diri, fragmentasi, dan sporulasi. Berikut adalah penjelasannya!

Baca juga: Perbedaan Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan

Pertunasan (budding)

Pembentukan tunas berasal dari suatu tonjolan yang terbentuk dari tubuh induknya. Hewan yang berkembang biak dengan tunas antara lain Hydra, Obelia, dan ubur-ubur.

Tunas pada Hydra berasal dari penonjolan dinding tubuhnya. Tonjolan itu kemudian membentuk mulut dan tentakel. Setelah cukup dewasa tunas akan lepas dari tubuh induknya. Selanjutnya, tunas tumbuh menjadi individu baru. 

Obelia juga dapat melakukan perkembangbiakan secara vegetatif. Cara perkembangbiakan sama dengan Hydra. Porifera juga dapat berkembang biak dengan pertunasan.

Akan tetapi, tunas porifera terbentuk di dalam tubuh induknya. Tunas ini disebut gemmulae (kuncup dalam). Jika induknya mati, tunas akan lepas menjadi individu baru.

Baca juga: Porifera: Pengertian dan Ciri-cirinya

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.