Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alat Musik Tiup Tradisional Khas Indonesia

Kompas.com - 16/09/2022, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hampir tiap daerah di Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut terlihat dari cara memainkan, penyajian, hingga bentuk alat musiknya.

Awalnya sebagian alat musik itu hanya digunakan dalam acara khusus dan ritual. Namun, kini alat musik itu juga digunakan sebagai hiburan atau untuk keperluan lainnya.

Salah satu cara memainkan alat musik tradisional adalah dengan ditiup. Berikut empat alat musik tiup tradisional khas Indonesia:

Serune Kalee (Aceh)

Penampilan pemain Serune Kalee.Tangkapan Layar YouTube/ Darul Hasanah Penampilan pemain Serune Kalee.

Adalah terompet khas Aceh dengan struktur mirip klarinet. Serune kalee biasa dimainkan sebagai instrumen utama dalam pertunjukan musik tradisi di Aceh, diiringi geundrang, rapai, dan alat musik lainnya.

Hingga saat ini, serune kalee masih dilestarikan di lingkungan masyarakat Aceh, dan berperan besar dalam kehidupan sosial warga Aceh.

Instrumen ini diklasifikasikan dalam alat musik aerofon, di mana sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga.

Serune kalee terbuat dari kayu yang kuat, keras, namun ringan.

Baca juga: Mengenal Alat Musik Gesek Tradisional Indonesia

Serunai (Minangkabau)

Alat musik serunai dari Sumatera BaratWikimedia Commons Alat musik serunai dari Sumatera Barat

Serunai bukanlah suling. Namun, lebih mirip klarinet dengan ujung mengembang seperti corong.

Alat musik tiup khas Minang, Sumatera Barat ini, terbuat dari batang padi, kayu, bambu, batang kelapa atau tanduk kerbau.

Serunai bisa dimainkan sendiri atau berbarengan dengan alat musik lain. Suaranya yang melengking dan khas kerap digunakan untuk mengiringi tarian, pencak silat, atau sekadar menghibur diri saat di sawah atau ladang.

Sejarah mencatat serunai berasal dari India, tepatnya Lembah Kashmir, India Utara. Di sana, serunai dikenal dengan Shehnai. Alat musik ini dibawa para pedagang India ke Minangkabau, lalu mengalami penyesuaian dengan budaya lokal Sumatera Barat.

Karinding (Jawa Barat)

Alat musik karinding berasal dari Jawa Barat.Wikimedia Commons/Ilham Nurwansah Alat musik karinding berasal dari Jawa Barat.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com