Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Contoh Alat Musik Ritmis 

Kompas.com - 25/04/2022, 11:27 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Pengertian dari alat musik ritmis merupakan alat musik yang mempunyai fungsi memainkan unsur irama atau pola ritme pada musik. 

Dilansir dari buku Organologi Alat Musik (1989) oleh Vanoe, aransemen musik ritmis yaitu permainan alat musik tidak bernada yang berfungsi sebagai jembatan untuk pergantian musik yang akan dimainkan berikutnya. 

Dapat diartikan juga bahwa alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, tetapi nadanya ditentukan dengan cara memukul secara beraturan. 

Bedanya dengan alat musik lainnya, alat musik ritmis tidak menghasilkan banyak nada seperti alat musik melodis. Alat musik ritmis sebagai pelengkap alat musik melodis dalam sebuah instrumen musik harmonis. 

Berikut 10 contoh alat musik ritmis yang sering digunakan, yaitu: 

Baca juga: Alat Musik Tradisional Banten

Tifa 

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tifa berbentuk seperti kendang. Banyak ditemukan di daerah Papua dan Maluku. 

Berbentuk silinder dengan bagian tengahnya kosong dan di ujung tifa dilapisi oleh kulit binatang. 

Tifa dimainkan sebagai instrumen pengiring pada tarian perang. Hal ini karena suara yang dihasilkan tifa sangat nyaring.

Tak hanya sebagai instrumen pengiring perang  di zaman sekarang, banyak upacara adat atau tari-tarian yang menggunakan instrumen tifa, seperti upacara penyambutan dan pesat adat. 

Gandrang 

Gandrang merupakan salah satu alat musik ritmis yang berasal dari Sulawesi Selatan, khususnya Makasar. Alat musik gandrang biasa digunakan dalam upacara adat tertentu. Seperti, upacara adat ritual pencucian benda pusaka peninggalan kerajaan atau pengiring acara pesta pernikahan. 

Sama seperti tifa dan kendang  alat musik gandrang berbentuk silinder, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Alat musik ini sering dimainkan bersama dengan alat musik piu-piu (alat musik tiup). 

Baca juga: Macam-macam Alat Musik Perkusi dan Contohnya

Ilustrasi marakasShutterstock Ilustrasi marakas
Marakas 

Marakas menjadi salah satu alat musik ritmis yang banyak dijumpai di tengah masyarakat. Banyak juga orang yang menyebutnya acrek-acrek. 

Markas biasanya berbentuk bulat yang di dalamnya diisi oleh biji-bijian. Sehingga menimbulkan suara dari gesekan antara biji yang di dalam marakas. 

Marakas umumnya terbuat dari labu kering, kayu, kelapa, atau kulit kering yang dijahit. Untuk memudahkan penggunaan, marakas memiliki pegangan yang terbuat dari kayu. Sehingga bisa digenggam. 

Triangle 

Alat musik triangle terbuat dari logam dan berbentuk segitiga. Triangle menjadi alat musik ritmis modern yang mulai digunakan pada abad ke-18. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com