Kompas.com - 15/08/2022, 17:13 WIB

KOMPAS.com – Capung adalah serangga yang mengalami metamorfosis. Namun, capung tidak mengalami proses metamorfosis sempurna seperti pada kupu-kupu.

Bagaimana proses metamorfosis capung? Capung mengalami metamorfosis tidak sempurna yang memiliki tiga tahap yaitu telur, nimfa, dan juga capung gewasa. Berikut adalah proses metamorfosis capung!

Telur

Tahap pertama dari metamorfosis capung adalah telur. Capung dewasa yang telah kawin akan meletakkan telurnya di jaringan tanaman dekat air, dekat dan di atas permukaan air.

Induk capung meletakkan telurnya di dekat atau di atas air karena larva telur bersifat sepenuhnya akuatik.

Baca juga: Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Larva

Telur capung kemudian akan menetas setelah dua hingga lima minggu. Telur yang menetas akan memasuki tahap larva atau disebut dengan nimfa.

Larva atau nimfa capung menghabiskan hidupnya di dalam air, sehingga memiliki insang untuk bernapas.

Dilansir dari Australian Museum, larva capung bernapas dengan menyedot air ke dalam perut mereka dan memindahkannya ke atas insang.

Insang kemudian akan menyerap oksigen di dalam air. Air yang tersisa kemudian akan dikeluarkan dengan cepat, sehingga memberikan dorongan bagi larva capung untuk berenang.

Baca juga: Tahapan Metamorfosis Sempurna Lalat

Dalam tahap ini, larva akan banyak makan dan tumbuh dengan cepat. Larva akan terus makan hingga berganti kulit karena tubuhnya tambah besar.

Dilansir dari British Dragonfly Society, larva berganti kulit sekitar lima hingga 14 kali sebelum dewasa dalam waktu berkisar dua hingga tiga bulan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.