Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Kompas.com - 12/01/2021, 14:48 WIB
Ilustrasi kupu-kupu SHUTTERSTOCK/Daniele CaneveIlustrasi kupu-kupu

KOMPAS.com - Kupu-kupu dikenal sebagai hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Jika ada metamorfosis sempurna, lantas adakah metamorfosis yang tidak sempurna?

Tentu saja ada. Yuk, kita pelajari perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Pengertian metamorfosis

Dilansir dari Biology Dictionary, metamorfosis sempurna atau holometabolous berasal dari bahasa Yunani holo yang berarti lengkap atau utuh, kata meta yang berarti perubahan, dan bole yang berarti melempar. Sehingga holometabolous berarti berubah seutuhnya.

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna atau hemimetabolous berasal dari bahasa Yunani hemi yang berarti setengah. Sehingga hemimetabolous berarti berubah setengahnya.

Jika metamorfosis sempurna merubah bentuk dan kemampuan makhluk hidup secara drastis, maka metamorfosis tidak sempurna hanya memberikan sedikit perubahan pada penampilan makhluk tersebut.

Baca juga: Tahap Metamorfosis Sempurna

Tahapan

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna

Metamorfosis sempurna terdiri dari empat tahapan yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa (imago). Sedangkan metamorfosis tidak sempurna terdiri atas tiga tahapan yitu telur, nimfa, dan imago, sehingga tidak ada tahap pupa atau kepompong.

Dilansir dari Arizona State University, nimfa adalah serangga muda dengan bentuk yang hampir sama dengan hewan dewasanya namun dalam bentuk yang lebih kecil dan rapuh.

Nimfa dan hewan dewasanya juga memiliki kebiasaan makan yang hampir sama, tidak seperti metamorfosis sempurna yang kebiasaan makan saat menjadi larva sangat berbeda saat dewasa.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Nimfa belalang dan belalang dewasa

Di sebelah kiri adalah nimfa belalang dan di sebelah kanan adalah belalang dewasa. Terlihat bentuk dan warnanya mirip, perbedaannya hanya pada nimfa lebih kecil dan belum memiliki sayap.

Baca juga: Metamorfosis Kupu-kupu Paling Sempurna, Kok Bisa?

Eksoskeleton

Dilansir dari PEDIAA, pada metemorfosis sempurna, kerangka luar (eksoskeleton) hewan berubah dan diganti dengan bentuk yang baru. Namun, pada metamorfosis tidak sempurna eksoskeleton hewan akan tetap ada sepanjang hidupnya.

Contoh Hewan

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah tawon, lebah, semut, kutu, dan nyamuk.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah sebagian besar serangga seperti belalang, belalang sembah, kecoa, capung, jangkrik, dan tonggeret.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X