Kompas.com - 11/08/2022, 16:30 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Setiap negara memiliki karakteristik tersendiri, baik kondisi fisik maupun sosial budayanya. Hal itu dipengaruhi oleh posisi negara tersebut. Posisi suatu negara dapat dilihat dari tiga aspek yaitu astronomis, geologis, dan geografis. 

Lalu, bagaimana posisi Indonesia berdasarkan letak astronomis, geologis, dan geografisnya? Berikut penjelasannya: 

Letak astronomis Indonesia

Letak astronomis merupakan posisi suatu wilayah yang didasarkan atas koordinat garis lintang dan garis bujur. Garis lintang dan garis bujur hanyalah ada pada peta. Artinya tidak akan ditemukan di lapangan.

Berdasarkan garis lintangnya, Indonesia berada di Belahan Bumi Utara (BBU) dan Belahan Bumi Selatan (BBS). Batas paling utara Indonesia adalah 6° LU dan di selatannya adalah 11° LS. Jadi sebagian besar wilayah Indonesia berdasarkan garis lintangnya berada di belahan selatan.

Berdasarkan garis bujurnya, posisi wilayah Indonesia semuanya berada di belahan timur (BT), yaitu 95°BT sampai 141°BT. Posisi Indonesia berdasarkan letak astronomis, sangat berpengaruh terhadap banyak hal, baik langsung maupun tidak.

Baca juga: Letak Absolut dan Relatif Indonesia

Secara langsung posisi astronomis Indonesia berpengaruh terhadap iklim dan pembagian zona pembagian waktu. Iklim Indonesia pada umumnya adalah tropis yang bersifat lembap dan bertiupnya angin muson.

Zona waktu Indonesia terbagi ke dalam tiga waktu, yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat),WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur).

Perbedaan zona waktu didasarkan atas keliling lingkaran bumi (360°) dan waktu putaran rotasi (24 jam), sehingga tiap berbeda 15° garis bujur akan berbeda waktu 1 jam. Titik pangkal garis bujur pembeda waktunya adalah 105° BT, 120° BT, dan 135° BT.

Letak geologis Indonesia

Secara geologis, Indonesia merupakan wilayah yang berada pada lalu lintas aktivitas tiga lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Australia, Eurasia dan Pasifik. Lempeng tersebut bergerak sangat dinamis, ada yang saling menjauh, mendekat, bahkan bertubrukan.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.