Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Contoh Tari Daerah Berpasangan

Kompas.com - 09/08/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Ada banyak ragam budaya yang ada di Indonesia, salah satunya adalah tarian. Tarian daerah di Indonesia memiliki banyak jenis berdasarkan daerah asal tarian tersebut. 

Jenis-jenis tarian juga dapat dilakukan sendiri atau berpasangan. Tari berpasangan adalah tari yang dilakukan oleh dua orang secara bersamaan. Sesama penari akan bergerak dengan saling melengkapi, mengisi dan berinteraksi, sehingga menciptakan kesepakatan yang baik.

Ada banyak contoh tarian daerah yang dilakukan secara berpasangan, di antaranya: 

Baca juga: 6 Unsur Tari

Berikut penjelasannya: 

Tari Piring

Tari Piring khas Minangkabau, Sumatra Barat DOK. Shutterstock/Lili AiniShutterstock/Lili Aini Tari Piring khas Minangkabau, Sumatra Barat DOK. Shutterstock/Lili Aini

Tari piring atau tari piriang adalah tarian daerah asli Minangkabau, Sumatera Barat. Tarian ini menampilkan atraksi menggunakan piring. Para penari mengayunkan piring di tangan dengan gerakan cepat yang teratur, tanpa satu pun piring terlepas dari tangan.

Tari piring dibawakan dalam bentuk berpasangan putra dan putri dalam sebuah kelompok pementasan. Pada zaman dahulu tari piring dipentaskan pada saat panen sebagai ungkapan syukur dan rasa gembira.

Sesuai perkembangan zaman, saat ini tari piring dipentaskan pada acara-acara penting, seperti acara pernikahan, penyambutan tamu terhormat, atau acara pembukaan adat.

Tari piring juga menjadi tarian populer Indonesia yang sering ditampilkan di ajang promosi wisata dan kebudayaan Indonesia.

Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang Dua Belas di Sumatera Utarawarisanbudaya.kemdikbud.go.id Tari Serampang Dua Belas di Sumatera Utara

Tari Serampang Dua Belas adalah tarian tradisional yang berasal dari kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tari ini mengisahkan tentang cinta sepasang anak manusia yang pada akhirnya berhasil kejenjang pernikahan.

Tari Serampang Dua Belas ini diciptakan oleh guru Sauti pada tahun 1940-an. Tari Serampang Dua Belas ditarikan secara berpasangan baik putra dengan putra, putri dengan putri, maupun putra dengan putri. 

Tari ini memiliki gerakan yang khas ketimbang tarian lainnya, tari Serampang Dua Belas dibuka dengan gerakan lambat kemudian perlahan-lahan geraknya bertambah cepat dan dinamis.

Baca juga: 10 Definisi Seni Tari Menurut Para Ahli

Tari Payung

Tari Payung asal Sumatera Barat.Tribun Medan Tari Payung asal Sumatera Barat.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com