Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Palung Terdalam di Dunia

Kompas.com - 09/08/2022, 15:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Cekungan di daratan disebut dengan jurang, maka dalam lautan juga terdapat cekungan yang disebut palung. 

Palung samudra (Oceanic trench) merupakan cekungan topografi dasar laut dengan lebar relatif sempit, namun dari ujung ke ujung sangat panjang. Obyek oseanografi ini merupakan terdalam dari dasar laut.

Apakah palung berbahaya? 

Ya, palung berbahaya. Selain merupakan jurang di laut, palung juga menyimpan berjuta misteri tentang kehidupan di dalamnya. 

Kemudian, arus balik air laut yang mengisi palung dapat keluar dengan kencang, tak hanya itu palung juga dapat membuat pusaran sehingga dapat menyeret apa saja yang berada dekat dengan pusaran airnya. 

Baca juga: Palung Laut: Pengertian, Proses Pembentukan, dan Contohnya

Terdapat tujuh palung terdalam di dunia, di yaitu: 

Berikut penjelasannya: 

Palung Mariana, di Samudra Pasifik

Palung Mariana mempunyai kedalam maksimum 11.034 meter, tepatnya 10.927 di bawah permukaan laut. Lebih tinggi daripada ukuran Gunung Everest (8.848 mdpl). 

Titik terdalam di Palung Mariana disebut dengan Challenger Deep yang ada di ujung selatan palung tersebut. 

Pada Oktober 2010, Challenger Deep dinobatkan sebagai titik terdalam di laut oleh Guiness World Record. 

Ada beberapa jenis organisme yang ditemukan di dasar palung ini, di antaranya teripang kecil amphipoda dan jenis ikan siput di kedalaman 26.200 kaki atau sekitar 8.000 meter.

Baca juga: Proses Terjadinya Palung Jawa

Palung Puerto Rico, Samudra Atlantik

Perspektif pemandangan dasar laut Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Dasar laut ungu di tengah pemandangan adalah parit Puerto Rico, bagian terdalam dari Samudra Atlantik dan Laut Karibia.wikipedia.org/ USGS Perspektif pemandangan dasar laut Samudra Atlantik dan Laut Karibia. Dasar laut ungu di tengah pemandangan adalah parit Puerto Rico, bagian terdalam dari Samudra Atlantik dan Laut Karibia.

Palung ini terletak di perbatasan Laut Karibia dengan Samudra Atlantik. Bagian paritnya mempunyai panjang sekitar 800 kilometer, sedangkan palungnya sendiri berkedalaman kurang lebih 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Palung Jawa

Matahari terbenam terlihat dari Puncak Bukit Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Dari bukit ini wisatawan bisa menyaksikan Samudera Hindia, Pantai Salido, dan Teluk Painan. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Matahari terbenam terlihat dari Puncak Bukit Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2015). Dari bukit ini wisatawan bisa menyaksikan Samudera Hindia, Pantai Salido, dan Teluk Painan. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com