Kompas.com - 08/08/2022, 16:00 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Provinsi Jambi merupakan sebuah kota yang berada di pulau Sumatera, sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Jambi. Berikut lima obyek wisata yang patut dikunjungi di Provinsi Jambi, yaitu: 

Danau Gunung Tujuh 

Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang terletak di desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci.

Baca juga: Mengenal Rumah Adat di Pulau Sumatera

Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Seperti namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi tujuh puncak gunung di Jambi. Tidak heran kalau tempat ini menjadi destinasi wisata yang menawarkan banyak panorama keindahan.

Selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, bahkan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Danau ini berada di ketinggian 1.950 mdp. Dengan ketinggian tersebut bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.

Danau Kaco

Danau Kacowikipedia.org/ Ardi Ryan Dirza Danau Kaco

Danau Kaco merupakan danau yang terletak di kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO.

Baca juga: 10 Provinsi di Pulau Sumatera

Danau kaco memiliki luas sekitar 90 m² dan memiliki kedalaman yang belum diketahui. Danau ini memiliki ketinggian 1229 mdpl. Danau Kaco dapat memancarkan cahaya terang di malam hari. Pancaran cahaya itu semakin terang pada saat malam bulan purnama atau malam tanggal 15 penanggalan Hijriah.

Warna air di danau ini adalah cyan atau hijau kebiruan yang sangat jernih dan berkilau di malam hari. Jika wisatawan datang ke Danau Kaco pada saat bulan purnama maka para wisatawan tidak membutuhkan alat bantu penerangan karena air danau dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.