Kompas.com - 08/08/2022, 13:00 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia terjadi sejak 1908 sampai 1945. Pada 1908 dijadikan sebagai awal pergerakan nasional karena banyak perjuangan yang dilakukan rakyat, masuk dalam kategori bervisi nasional. 

Sebelum 1908, pergerakan yang dilakukan untuk menentang penjajah masih bersifat kedaerahan. Kemudian setelah 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. 

Pergerakan nasional adalah menunjukkan sifat yang lebih aktif dan penuh menanggung risiko dalam perjuangan. 

Beberapa Pergerakan Nasional Indonesia yaitu, Budi Utomo, Serikat Dagang Islam, Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, Indische Social Democratische Vereeniging, dan Partai Nasional Indonesia. 

Baca juga: Alasan Sumpah Pemuda Menjadi Puncak Pergerakan Nasional 

Berikut penjelasannya: 

Budi Utomo

Budi Utomo didirikan di Batavia (Jakarta) pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Sutomo atas dorongan Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi Budi Utomo bergerak di bidang sosial dan budaya. 

Budi Utomo yang menjadi pelopor berdirinya organisasi pergerakan nasional di Indonesia bertujuan untuk mencapai kemajuan dan meningkatkan derajat bangsa. Oleh karena itu, tanggal kelahiran Budi Utomo diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional.

Sarekat Dagang Islam 

Logo Sarekat Islam- Logo Sarekat Islam

Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada tahun 1995. SDI bertujuan memperkuat persatuan para pedagang pribumi agar mampu bersaing dengan para pedagang asing terutama para pedagang Tionghoa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.