Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinamika Perairan Laut

Kompas.com - 19/03/2022, 16:00 WIB
Intan Rahayu Ning Tiyas,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bumi terdiri atas 30 persen daratan dan 70 persen perairan. Perairan terbagi menjadi perairan darat dan perairan laut.

Laut memiliki bagian penting dalam siklus hidrologi. Dalam siklus hidrologi, air laut menguap menjadi awan dan air hujan yang kemudian mengalir kembali ke laut melalui sungai.

Dinamika atau pergerakan perairan laut terjadi karena adanya perbedaan karakteristik yang dimiliki laut di antaranya:

Kadar garam air laut

Dikutip dari buku Meteorologi, Klimatologi, dan Oceanografi (1989) oleh Vissier, air laut memiliki kadar garam karena mineral garam yang terkandung dalam tanah dan batuan terbawa air yang mengalir ke laut.

Normalnya, kadar garam di laut adalah 3,5 persen. Namun beberapa laut memiliki kadar garam yang berbeda akibat pegaruh dari beberapa faktor, yaitu:

  • Tingkat penguapan, di mana semakin tinggi penguapan air laut maka kadar garamnya semakin tinggi
  • Curah hujan, di mana semakin banyak curah hujan, maka semakin rendah kadar garamnya.
  • Air tawar dari sungai yang masuk ke laut, banyaknya air tawar yang masuk akan mengurangi kadar garam air laut.
  • Pada daerah yang mengalami musim dingin, banyaknya cairan es yang masuk ke dalam laut memberikan pengaruh seperti halnya air tawar.
  • Arus air laut, menyebabkan kadar garam berubah karena air laut yang berpindah atau mengalir ke daerah lain bercampur dengan air laut di daerah tersebut.

Baca juga: Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

Warna air laut

Dilansir dari buku Laut (2010) karya Hoffman Brigitte, warna laut dipengaruhi oleh sinar matahari dan zat larutan maupun organisme yang terdapat di air.

Sebagai contoh Laut Merah memiliki kenampakan berwarna merah karena terdapat tanaman ganggang yang memantulkan warna merah ketika terkena sinar matahari.

Air laut umumnya bagi kita terlihat berwarna biru. Air laut terlihat biru karena air memantukan cahaya biru dari langit. 

Suhu air laut

Rata-rata suhu air laut dunia adalah 17,4°C. Suhu air laut memberikan pengaruh pada keberagaman organisme yang tinggal di dalamnya.

Laut dangkal menjadi habitat lebih banyak hewan laut karena masih terjangkau sinar matahari sehingga suhu lebih hangat. Berbeda dengan laut dalam yang sulit dijangkau sinar matahari sehingga suhu air laut lebih dingin.

Laut Indonesia memiliki biota laut yang beragam dengan terumbu karang yang berwarna-warni. Hal ini terjadi karena laut Indonesia punya suhu yang hangat akibat berada di daerah tropis.

Baca juga: Manfaat Arus Laut dalam Kehidupan Sehari-hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com