Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Peran Hewan dalam Perkembangbiakan Tumbuhan?

Kompas.com - 02/08/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangbiakan tumbuhan secara kawin terjadi saat serbuk sari jatuh ke kepala putik. Proses ini sering disebut penyerbukan.

Dalam perkembangbiakannya, tumbuhan memerlukan bantuan agen. Salah satunya hewan. Adapun penyerbukan yang terjadi karena bantuan hewan disebut zoidiogami.

Peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan

Menurut Keni Andewi dalam buku Kelangsungan Hidup Organisme (2010), beberapa hewan yang menjadi agen penyerbukan tumbuhan adalah serangga, burung, kelelawar, dan siput.

Apa peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan?

Peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan adalah membantu penyerbukan, yakni membawa serbuk sari dan menjatuhkannya pada tumbuhan lain.

Dikutip dari buku Modul Pembelajaran Biogeografi (2022) karangan Alwi, dalam perkembangbiakannya, persebaran tumbuhan juga dibantu hewan.

Baca juga: Penyerbukan Zoidiogami: Pengertian dan Jenisnya

Contohnya hewan pemakan tumbuhan yang sengaja maupun tidak, membawa bijinya ke tempat lain atau menyebarkan bijinya.

Dilansir dari situs UCSB Science Line, ada dua peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan, yakni menyebarkan serbuk sari dan atau menyebarkan benih.

Misalnya tumbuhan yang memiliki nektar akan menarik perhatian hewan untuk mengunjungi bunga dan mengambil serbuk sarinya.

Kemudian hinggap di bunga lain untuk menghisap nektar sambil menjatuhnya serbuk sari.

Contoh peran hewan dalam penyebaran benih tumbuhan, yakni ketika mereka memakan buah di suatu daerah, dan buang air besar di tempat lainnya.

Secara tidak langsung, benih akan terbawa ke tempat tersebut. Jika kondisi tanah dan tingkat kelembapan udaranya mendukung, tumbuhan akan tumbuh.

Baca juga: Bagaimana Tumbuhan Mencari Makanannya?

Kesimpulannya, ada dua peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan, yakni:

  1. Membantu menyebarkan serbuk sari
  2. Membantu penyebaran benih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com