Kompas.com - 29/07/2022, 18:00 WIB

Oleh: Rian Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan manusia. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga tentu terasa menggembirakan. Keluarga juga menjadi tempat tumbuh pribadi manusia dengan cinta dan kasih sayang. 

Di dalam sebuah keluarga tentu ada silsilah keluarga. Di mana silsilah tersebut menggambarkan bagan keturunan. Biasanya dimulai dari kakek-nenek, ayah-ibu serta saudara kandungnya, kemudian ada anak-anaknya. 

Contoh silsilah keluarga, yaitu: 

Ilustrasi silsilah keluarga canva.com Ilustrasi silsilah keluarga

Masing-masing anggota keluarga tentu memiliki cerita dan pengalaman di setiap generasinya. Di mana peristiwa atau pengalaman tersebut biasanya menjadi pegangan atau pembelajaran bagi anggota yang lain. 

Baca juga: My Family, Mengenal Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

Peristiwa keluarga yang terjadi di masa lalu dapat diamati pada masa sekarang dengan melihat jejak-jejaknya, seperti kebiasaan, norma, dan benda-benda peninggalan yang dapat menjadi pedoman untuk hidup kalian saat ini.

Pengetahuan tentang silsilah keluarga ini menggambarkan keterkaitan antara manusia, waktu, dan ruang sebagai unsur-unsur sejarah. 

Kalian dapat merasakan capaian kesuksesan para pendahulu (unsur manusia) pada masa lalu (unsur waktu) dalam kehidupan mereka masing-masing (unsur ruang).

Peran keluarga 

Keluarga berperan membina dan membimbing anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun budaya yang ada. 

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.