Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran dan Fungsi Keluarga

Kompas.com - 29/07/2022, 18:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rian Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Jambi 

 

KOMPAS.com - Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan manusia. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga tentu terasa menggembirakan. Keluarga juga menjadi tempat tumbuh pribadi manusia dengan cinta dan kasih sayang. 

Di dalam sebuah keluarga tentu ada silsilah keluarga. Di mana silsilah tersebut menggambarkan bagan keturunan. Biasanya dimulai dari kakek-nenek, ayah-ibu serta saudara kandungnya, kemudian ada anak-anaknya. 

Contoh silsilah keluarga, yaitu: 

Ilustrasi silsilah keluarga canva.com Ilustrasi silsilah keluarga

Masing-masing anggota keluarga tentu memiliki cerita dan pengalaman di setiap generasinya. Di mana peristiwa atau pengalaman tersebut biasanya menjadi pegangan atau pembelajaran bagi anggota yang lain. 

Baca juga: My Family, Mengenal Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

Peristiwa keluarga yang terjadi di masa lalu dapat diamati pada masa sekarang dengan melihat jejak-jejaknya, seperti kebiasaan, norma, dan benda-benda peninggalan yang dapat menjadi pedoman untuk hidup kalian saat ini.

Pengetahuan tentang silsilah keluarga ini menggambarkan keterkaitan antara manusia, waktu, dan ruang sebagai unsur-unsur sejarah. 

Kalian dapat merasakan capaian kesuksesan para pendahulu (unsur manusia) pada masa lalu (unsur waktu) dalam kehidupan mereka masing-masing (unsur ruang).

Peran keluarga 

Keluarga berperan membina dan membimbing anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun budaya yang ada. 

Jika semua anggota dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan tempat tinggalnya, maka kehidupan masyarakat akan tercipta dengan tenang, aman, dan tenteram. 

Secara sadar atau tidak, setiap keluarga memiliki peran yang berkaitan dengan proses regenerasi bagi anak-anaknya. 

Fungsi keluarga

Beberapa fungsi keluarga bagi anggotanya, yaitu: 

  • Fungsi proteksi (perlindungan) 

Keluarga memberikan perlindungan kepada anggotanya, perlindungan fisik dan kejiwaan. Bila di dalam keluarga terdapat rasa aman, proses-proses sosial di dalam keluarga dapat berjalan harmonis.

Baca juga: Penetapan Hari Keluarga Nasional 29 Juni

  • Fungsi ekonomi 

Sebuah keluarga, keberadaan ayam berperan sebagai kepala keluarga dan tulang punggung. Ayah memiliki kewajiban memenuhi kebutuhan ekonomi istri dan anak-anaknya. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com