Kompas.com - 29/07/2022, 19:00 WIB

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Pulau Bali dan Nusa Tenggara adalah daerah kepulauan di Indonesia yang dikenal dengan wisata alam yang eksotis.

Bali terkenal hingga ke macanegara dengan Pantai Kuta, Sanur, Ubud, Legian dan lain sebagainya, sementara Nusa Tenggara menjadi terkenal dengan wisata Lombok, Rinjani, Pulau Komodo dan Sirkuit Mandalika.

Berikut provinsi yang ada di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, yaitu: 

Baca juga: Senjata Tradisional Kandik Bali

Provinsi Bali

Bali merupakan kota dengan wisata alam pantai yang sangat bagus. Pulau Bali menetapkan hari jadinya pada 14 Agustus 1958. Sebelumnya, Bali merupakan bagian dari Provinsi Sunda Kecil yang terdiri dari Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 

Bali memiliki hamparan seluas 5.780,06 km² dan dihuni oleh 4.317.404 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 747/km².

Lebih dari 80 persen penduduknya memeluk agama Hindu, kemudian 10 persen memeluk agama Islam, dan sisanya ada yang memeluk agama Kristen, Khatolik, Buddha, Konghucu, dan animisme. 

Tak hanya memiliki pantai eksotis di Kuta dan Sanur, Bali juga memiliki gunung yang bagus untuk dijelajahi. Sebut saja Gunung Batur, Gunung Catur, Gunung Lesung, Gunung Abang, serta Gunung Batukaru.

Sementara puncak tertinggi di Provinsi Bali yaitu Gunung Agung dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. 

Flora dan fauna khas Bali yaitu Majegau (Dysoxylum densiflorum) dan Jalak Bali (Leucopsar rotschildi).

Baca juga: Keunikan Alat Musik Tradisional Bali

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.