Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Sosial: Pengertian Ahli dan Bentuk-bentuknya

Kompas.com - 07/07/2022, 15:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai makhluk sosial, manusia saling berhubungan satu dengan yang lain. Dalam hubungan tersebut tentu tidak mudah, namun tetap bisa dilakukan. 

Setiap manusia tentu memiliki pemikiran yang berbeda-beda mengenai suatu perubahan, sehingga mereka cenderung membuat kelompok yang memiliki kesamaan dalam cara berpikir mengenai suatu perubahan tertentu. 

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), perubahan sosial diartikan sebagai setiap perubahan dalam hubungan sosial. 

Pengertian ahli 

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang berbeda di dalam kehidupan masyarakat. Sehingga menghasilkan pola yang baru. 

Perubahan sosial mencakup perubahan dalam nilai sosial, norma sosial, susunan lembaga kemasyarakat, dan lain-lain. 

Baca juga: Alasan Terjadinya Perubahan Sosial

Dilansir dari buku Strategi dan Perubahan Sosial (2016) oleh Irwan, berikut beberapa pengertian perubahan sosial menurut ahli, yaitu: 

  • Kingsley Davis 

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. 

  • John Lewis Gillin dan John Philip Gillin 

Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang diterima, akibat adanya perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat. 

  • Robert M Maclver

Perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial. 

  • Selo Soemardjan 

Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat. 

  • William F Ogburn 

perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola berpikir masyarakat. 

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Bentuk-bentuk perubahan sosial 

Dikutip dari buku Sosiologi Suatu Pengantar (2000) oleh Soerjono Soekanto, bentuk-bentuk perubahan sosial digambarkan sebagai berikut: 

  • Perubahan sosial secara lambat 

Perubahan sosial yang terjadi membutuhkan waktu yang lama karena melalui beberapa tahapan. Biasanya disebut evolusi. 

Ciri perubahan secara evolusi ini seakan perubahan itu tidak terjadi di masyarakat, berlangsung secara lambat dan umumnya tidak mengakibatkan disintegrasi kehidupan. 

  • Perubahan sosial secara cepat 

Perubahan sosial yang berjalan cepat atau disebut revolusi. Biasanya menyangkut hal-hal mendasar bagi kehidupan masyarakat serta lembaga-lembaga kemasyarakat dan sering menimbulkan disintegrasi dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com