Kompas.com - 30/06/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Perubahan sosial pasti akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Ini terjadi karena adanya ketidaksesuaian unsur sosial di masyarakat.

Sehingga secara langsung maupun tidak, perubahan sosial ini akan menciptakan pola kehidupan baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Secara sederhana, perubahan sosial bisa dipahami sebagai proses yang menghasilkan perbedaan dalam sistem sosial di waktu tertentu.

Mengapa dapat terjadi perubahan sosial?

Perubahan sosial dapat terjadi karena adanya perubahan pola berpikir, struktur, kehidupan, atau pandangan masyarakat mengenai suatu hal.

Menurut Endang Sutisna Sulaema dalam buku Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan: Teori dan Implementasi (2021), secara teoretis, perubahan nilai dalam masyarakat bisa dipengaruhi sejumlah faktor, yakni:

  1. Tuntutan modernisasi
  2. Kontak dengan budaya luar
  3. Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi)
  4. Munculnya sikap terbuka dan toleransi.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Awalnya, perubahan nilai ini hanya terjadi dalam suatu komunitas sosial. Dimulai dari terciptanya gagasan atau ide, seperti cita-cita atau kebutuhan.

Jika ide itu akhirnya menyebar ke seluruh anggota komunitas, akan menghasilkan perubahan dalam sistem sosial, sebagai akibat dari penerimaan atau penolakan suatu inovasi.

Bila perubahan itu diterima, ini akan menimbulkan perubahan sikap, pengalaman, persepsi masyarakat, bahkan refleksi atas perubahan yang yang terjadi.

Dikutip dari jurnal Perubahan Sosial Masyarakat Gampong Gunong Meulinteung dari Petani menjadi Pekebun Sawit (2017) karya Aminah dan Effendi Hasan, ada dua faktor penyebab terjadinya perubahan sosial, yakni internal serta eksternal.

Faktor internal mencakup demografis (kependudukan), penemuan baru, serta konflik internal dalam masyarakat.

Sedangkan faktor eksternal datang dari pengaruh lingkungan alam, unsur kebudayaan, peperangan, dan penaklukan yang akhirnya memaksa terjadinya perubahan sosial di masyarakat.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat

Kesimpulannya, alasan mengapa perubahan sosial dapat terjadi karena adanya perubahan pola pikir, kehidupan, dan struktur dalam kehidupan masyarakat.

Perubahan sosial juga terjadi karena faktor internal dan eksternal yang secara langsung maupun tidak, memaksa terjadinya perubahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.