Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karikatur: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenis

Kompas.com - 18/06/2022, 20:00 WIB
Feiren Dina Junita,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini sudah banyak media yang bisa dijadikan sebagai alat menyampaikan pemikiran, pendapat, atau gagasan. Baik secara tertulis, verbal, maupun gambar.  

Karikatur menjadi penyampaian gagasan atau ide dalam bentuk gambar yang sering kita jumpai di berbagai media massa, baik cetak maupun daring. 

Dikutip dari buku berjudul Katakan Dengan Karikatur (2020) karya Ifa Wuryanto, karikatur adalah penggambaran terhadap suatu obyek yang nyata secara berlebihan, walaupun tidak menghilangkan ciri khasnya.

Selain pengertian di atas, karikatur sering dijadikan sebagai media untuk menyampaikan kritik terhadap obyek yang terlibat dalam masalah sosial sedang terjadi pada saat itu.

Kata karikatur berasal dari kata caricare yang berarti memuat dalam bahasa Italia. Pencipta karikatur adalah seorang warga Bologna bernama Annibale Carracci yang hidup pada abad ke-17.

Baca juga: Gambar Cerita: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya 

Ciri-ciri karikatur

Dilansir dari buku Bahasa Jurnalistik: Aplikasinya dalam Penulisan Karya Jurnalistik di Media Cetak, Televisi, dan Media Online (2020) karya Husen Mony, ciri-ciri dari karikatur yang sering ditemukan dalam media massa adalah:

  • Karikatur berfokus terhadap satu obyek saja dan bersifat konkret atau nyata.
  • Karikatur mengandung humor yang bersifat satire atau kritikan terhadap masalah sosial.
  • Kebanyakan karikatur menampilkan tokoh-tokoh penting atau nyata.
  • Biasanya, beberapa gambar karikatur mengandung cerita berdasarkan kehidupan nyata.
  • Karikatur sering dimuat dalam bagian rubrik opini di media massa.

Tujuan karikatur

Karikatur memiliki tujuan yang jelas untuk menyampaikan opini, tetapi ada beberapa tujuan karikatur lainnya yang lebih spesifik atau bukan sekadar untuk media beropini, yaitu:

  • Karikatur bisa menjadi souvenir atau cinderamata untuk memberikan pada seseorang di acara tertentu.
  • Karikatur tak hanya menjadi media kritik atau beropini saja, tetapi sebagai hiburan di media massa, seperti koran, majalah, dan media lainnya.
  • Karikatur bisa menjadi media pembalajaran dalam berkomunikasi atau bantu dalam memberikan gambaran suatu obyek.
  • Bagi para kartunis atau orang suka menggambar, karikatur bisa menjadi media dalam menyampaikan pendapat atau pemikiran mereka.

Baca juga: Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Jenis karikatur

Karikatur memiliki tiga jenis sesuai dengan tujuan yang mau disampaikan, yaitu:

  • Karikatur jurnalistik

Jenis karikatur ini biasanya menjadi media dalam menyampaikan opini dalam bentuk humor atau satir. Karikatur ini juga terdapat cerita singkat di dalamnya agar bisa menjadi media hiburan untuk para pembaca.

  • Karikatur politik

Karikatur politik merupakan jenis karikatur yang menyampaikan permasalahan politik sedang terjadi pada saat itu melalui penggambaran yang dibuat secara berlebihan dan lucu.

  • Karikatur realitas

Karikatur realitas merupakan jenis karikatur yang biasanya menceritakan masalah dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Biasanya, karikatur ini juga memberikan gambaran bagaimana kehidupan masyarakat pada saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com