Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Kompas.com - 30/10/2020, 21:15 WIB
Seniman dan kartunis melukis masal di halaman Bentara Budaya Jakarta, Selasa (10/7/2018). Acara ini untuk mengenang almarhum kartunis GM Sudarta. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOSeniman dan kartunis melukis masal di halaman Bentara Budaya Jakarta, Selasa (10/7/2018). Acara ini untuk mengenang almarhum kartunis GM Sudarta.

KOMPAS.com - Gambar ilustrasi merupakan gambaruntuka memperjelas ide cerita atau narasi. 

Dikutip dalam buku Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi (2010) karya Supriyono, ilustrasi adalah untuk memperjelas teks dan sekaligus sebagai eyecatches.

Dijelaskan ilustrasi yang efektif umumnya memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Komunikatif, informatif, mudah dipahami.
  • Menggugah perasaan dan hasrat.
  • Ide baru, orisinil, bukan merupakan plagiat.
  • Memiliki daya pukau yang kuat.
  • Memiliki kualitas baik (teknik pembuatan dan nilai seni).

Sehingga ilustrasi menjadi penting keberadaannya, karena karya menjadi lebih atraktif. Kesan atraktif pada ilustrasi disesuaikan kebutuhan dimana ilustrasi tersebut ditampilkan.

Baca juga: Dasar-Dasar Pembuatan Gambar Ilustrasi 

Berdasarkan hal itu, ilustrasi dalam perkembangannya memiliki beberapa jenis sesuai kebutuhan dimana ilustrasi akan dihadirkan.

Dikutip dari jurnal HUMANIORA Vol.5 yang berjudul Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada (2014) karya Nick Soedarso, ada beberapa  jenis gambar ilustrasi kedalam yaitu:

  • Ilustrasi Naturalis

Gambar ilustrasi naturalis merupakan gambar yang memiliki bentuk dan warna yang sama dengan kenyataan atau keadaan sebenarnya (realis) yang ada di alam tanpa adanya pengurangan atau pun penambahan.

  • Ilustrasi Dekoratif

Ilustrasi yang dibuat untuk berfungsi sebagai penghias sesuatu dengan bentuk yang disederhanakan atau dilebih-lebihkan (dibuat gaya tertentu sebagai style).

  • Gambar Kartun

Ilustrasi yang memiliki bentuk-bentuk yang lucu atau memiliki ciri khas tertentu.

Baca juga: Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi 

Gambar kartun banyak dijumpai menghiasi majalah anak-anak, komik, dan cerita bergambar pada buku.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X