Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi

Kompas.com - 28/10/2020, 21:55 WIB
Krayon BritannicaKrayon

KOMPAS.com - Menggambar ilustrasi merupakan kegiatan menggambar yang bertujuan untuk memperjelas ide cerita atau narasi. 

Dimana tujuan utama menggambar ilustrasi adalah untuk memperkuat, memperjelas, memperindah, dan mempertegas cerita tersebut.

Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas maksud dari cerita, berita maupun pesan.

Ilustrasi berasal dari bahasa Latin “Illustrare” yang berarti menjelaskan atau menerangkan suatu peristiwa atau kejadian

Dalam menggambar ilustrasi ada dua teknik yang bisa dilakukan, teknik tersebut adalah teknik kering dan teknik basah.

Baca juga: Menggambar Ilustrasi: Pengertian dan Sejarah Ilustrasi 

Alat dan bahan yang dipakai baik menggambar ilustrasi dengan teknik kering dan teknik basah pun berbeda. 

Berikut alat dan bahan dalam menggambar ilustrasi: 

Teknik kering

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik kering merupakan teknik atau cara untuk menggambar tidak membutuhkan air atau minyak untuk mengencerkan media pewarna. 

 Alat dan bahan teknik kering sebagai berikut: 

  • Pensil 

Pensil merupakan alat utama yang dibutuhkan untuk menggambar. Pensil terdiri dari banyak jenis dan ketebalan masing-masing. Ada yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak).

Baca juga: Pengertian, Obyek, Komposisi Menggambar Flora, Fauna dan Alam Benda

Halaman:

Sumber Kemdikbud
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X