Unsur Laut: Suhu, Warna, dan Kadar Garam

Kompas.com - 28/10/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/DAVIT85Ilustrasi.

KOMPAS.com – Laut merupakan objek kajian hidrosfer yang cukup besar. Bisa dikatakan besar karena laut memiliki berbagai aspek untuk dikaji.

Tidak hanya arus, ada pula aspek lain yang dapat dikaji mengenai laut, yaitu unsur laut. Unsur laut terdiri dari suhu, warna, dan kadar garam. Penjelesannya sebagai berikut:

Suhu air laut

Kondisi suhu air laut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain intensitas sinar matahari, posisi matahari, letak geografis, musim, kondisi awan, penguapan, dan hembusan angin. Namun, faktor utama yang memengaruhi suhu air laut adalah intensitas sinar matahari.

Suhu permukaan air laut cenderung berubah-berubah, sementara suhu bagian dalam laut cenderung stabil. Bisa dibilang, suhu air laut di daerah tropis lebih stabil karena intensitas sinar matahari lebih banyak menyinari daerah ekuator dibandingkan daerah kutub.

Hal tersebut bisa terjadi karena sinar matahari yang merambat melalui atmosfer kehilangan banyak panas sebelum mencapai daerah kutub.

Baca juga: Arus Laut: Definisi dan Faktornya

Dari penjelasan tersebut bisa diartikan bahwa air laut paling hangat berada di daerah ekuator, sementara air laut paling dingin berada di daerah kutub.

Di daerah antara ekuator sampai dengan garis lintang 40 derajat, air laut yang lebih dingin terdapat di bagian timur. Sedangkan daerah yang berlokasi di utara garis lintang 40 derajat, air laut yang lebih dingin terdapat di bagian barat.

Warna air laut

Warna air laut dipengaruhi oleh kekeruhan akibat adanya kandungan sedimen yang dibawa oleh aliran sungai. Selain itu, warna air laut juga dipengaruhi oleh kehadiran tumbuhan dan binatang laut di sekitarnya.

Dalam buku Ensiklopedia Geografi Air (2018) karya Eka Susi Sulistyowati, dijelaskan bahwa ada beberapa jenis warna air laut, yaitu:

  • Kuning, warna ini disebabkan oleh kandungan lumpur kuning yang ada di bagian dasar lautan.
  • Hijau, warna ini disebabkan oleh pantulan warna endapan plankton dan ganggang hijau yang di dalam maupun di permukaan laut dengan jumlah yang banyak. Selain itu, warna ini disebabkan oleh lumpur atau endapan yang memantulkan warna hijau.
  • Putih, warna ini disebabkan oleh lapisan es yang menutupi permukaan laut.
  • Ungu, warna ini disebabkan oleh banyaknya organisme yang mengeluarkan sinar-sinar fosfor. Warna ini dapat dijumpai di Laut Ambon.
  • Merah, warna ini disebabkan oleh banyaknya ganggang merah di sekitar laut. Warna ini dapat dijumpai di Laut Merah.
  • Hitam, warna ini disebabkan oleh endapan lumpur hitam di bagian dasar lautan. Warna ini dapat dijumpai di Laut Hitam.
  • Biru, warna ini disebabkan oleh pantulan warna biru yang berasal dari sinar matahari.

Baca juga: Jenis-Jenis Ekosistem Pantai

Kadar garam air laut

Kadar garam air laut merupakan banyaknya garam yang terkandung dalam 1.000 gram air laut dan dinyatakan dengan satuan per mil. Kisaran kadar garam air laut rata-rata 34,5 per mil.

Dilansir dari artikel ilmiah Studi Pola Sebaran Salinitas, Temperatur, dan Arus Perairan Estuari Sungai Wonokromo Surabaya (2016) karya Ferdinandus Didit Prakoso, dijelaskan bahwa kandungan kadar garam dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:

  • Penguapan

Apabila tingkat penguapan air laut semakin besar, maka kadar garamnya akan tinggi. Sebaliknya, Apabila tingkat penguapan air laut semakin semakin rendah, maka kadar garamnya akan semakin rendah.

  • Curah hujan

Apabila curah hujan yang turun di perairan laut semakin besar, maka kadar garamnya akan rendah. Sebaliknya, apabila curah hujan yang turun di perairan laut semakin rendah, maka kadar garamnya akan tinggi.

Baca juga: Pantai dan Pesisir: Perbedaan dan Fungsinya

  • Sungai yang bermuara

Apabila sungai yang bermuara ke lautan semakin banyak, maka kadar garamnya akan semakin rendah. Sebaliknya, apabila sungai yang bermuara ke lautan semakin sedikit, maka kadar garamnya akan semakin tinggi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X