Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak Ritmik Sederhana

Kompas.com - 28/10/2020, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerak ritmik merupakan gerakan yang dilakukan dengan diiringi musik. Gerak ritmik memadukan gerak langkah kaki dan ayunan tangan.

Tentunya gerakan ritmik yang dilakukan sebisa mungkin mengikuti atau sesuai dengan alunan musik yang digunakan.

Dalam gerak ritmik keindahan dan keserasian gerak merupakan hal utama dan sangat penting. Gerak ritmik memadukan gerakan langkah kaki serta ayunan lengan.

Gerak ritmik sederhana dapat dilakukan sesuai irama melalui musik atau tanpa musik melalui ketukan.

Baca juga: Rangkaian Gerak Kayang dan Sikap Lilin dalam Senam Lantai

Gerak langkah kaki

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada tiga jenis gerak langkah kaki yang biasanya diterapkan dalam senam ritmik.

  • Gerak jalan di tempat

Gerak langkah kaki ini dilakukan dengan mengangkat kedua kaki secara bergantian. Salah satu lutut kaki ditekuk ke atas sehingga membentuk sudut 90 derajat.

  • Gerak memindahkan kaki ke depan dan ke belakang

Gerak langkah ini dilakukan dengan memindahkan kedua kaki ke depan dan belakang serta ke samping kanan dan kiri secara bergantian.

Ketika memindahkan kaki, tumpuan berat badan akan berpindah. Contohnya ketika salah satu kaki dimajukan ke depan, maka tumpuan berat badan berada di kaki depan.

  • Gerak melangkahkan kaki sebanyak dua kali

Gerak langkah ini hampir serupa dengan gerakan sebelumnya. Perbedaannya gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan langkah kaki ke samping kanan dan kiri sebanyak dua kali.

Baca juga: Rangkaian Gerak Handstand dan Headstand dalam Senam Lantai

Cara melakukannya adalah merapatkan kedua kaki, lalu menggeser kedua kaki ke samping kanan. Gerakan ini diakhiri dengan merapatkan kembali dua kaki.

Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan melangkahkan kaki ke kanan dan kiri.

Gerak ayunan lengan

Selain gerakan langkah kaki, gerak ritmik juga memiliki gerakan ayunan lengan. Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada dua gerakan ayunan lengan dalam gerak ritmik, yaitu:

  • Mengayunkan tangan ke atas dan samping

Gerakan ini dilakukan dengan mengayun tangan ke atas sebanyak dua kali. Gerakan ini dilakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Setelah mengayunkan tangan ke atas, ayunkan tangan ke samping kanan dan kiri secara bergantian. Gerakan ini dilakukan secara bergantian antara tangan kanan serta kiri.

Baca juga: Rangkaian Gerak Guling Depan dan Guling Belakang dalam Senam Lantai

  • Mengayunkan dua tangan ke atas dan samping

Gerakan ini serupa dengan gerakan tangan sebelumnya. Hanya saja gerakan ini dilakukan langsung dengan menggunakan dua tangan.

Gerak ritmik menggunakan pita

Ilustrasi gerakan menggunakan pita dalam gerak ritmikkemdikbud Ilustrasi gerakan menggunakan pita dalam gerak ritmik
Umumnya dalam melakukan gerak ritmik, para atlet sering menggunakan bantuan alat. Contohnya simpai, bola dan pita.

Salah satu gerak ritmik menggunakan alat, yang paling mudah untuk dipelajari adalah dengan menggunakan pita.

Berikut langkah-langkah melakukan gerak ritmik menggunakan pita, yang dikutip dari situs Special Olympics:

  1. Gerakkan kaki dengan jalan di tempat. Salah satu tangan yang membawa pita diayunkan ke atas. Putar pita di depan tubuh.
  2. Kaki masih dalam posisi berjalan di tempat. Pegang tongkat pita dengan menggunakan dua tangan. Ayunkan pita ke atas sehingga posisinya di atas bahu. Ayunkan pita sebanyak dua kali di samping kanan dan kiri.
  3. Pegang pita menggunakan salah satu tangan. Angkat pita dan lakukan gerakan memutar di atas kepala. Lakukan putaran searah dan berlawanan dengan jarum jam. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com