Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 28/10/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi waktu iStockphoto.com/kvkirillovIlustrasi waktu

KOMPAS.com – Untuk menentukan waktu, biasanya kita perlu membaca jam. Tahukah kamu cara membaca jam dalam bahasa Inggris?

Jarum pendek (hour hand) dan jarum panjang (minute hand)

Dalam membaca jam, yang perlu diperhatikan adalah jarum pendek dan jarum panjangnya. Jarum pendek menunjukkan jam atau hour, sedangkan jarum panjang menunjukkan menit atau minute.

Jarum pendek tetap dibaca sebagaimana mestinya, seperti ketika berada di angka 8 maka itu jam 8.

Sedangkan jarum panjang dihitung setiap 5 menit. Ketika berada di angka 1, maka lebih 5 menit. Ketika berada di angka 2, maka lebih 10 menit, dan seterusnya.

O’clock

Ketika kita membaca jam yang jarum pendeknya berada di angka 9 dan jarum panjangnya mengarah ke angka 12, maka biasanya kita menyebutnya dengan pukul sembilan tepat.

Baca juga: Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, cara mengungkapkan kata “tepat” ini adalah “o’clock”. Misalnya jam sembilan tepat, maka kita mengucapkannya “nine o’clock”.

Past dan To

Dalam membaca jam, “past” artinya lebih. Ketika jarum panjang menunjuk antara angka 12 sampai 6 (menit 1 sampai 30), maka kita menyebutnya “past”, sedangkan untuk angka di antara 6 sampai 12 (menit 31 sampai 59), kita menyebutnya “to” atau kurang.

Jika menggunakan “to”, maka jamnya mengikuti satu angka di depannya. Misalnya 7.50, bukan “ten to seven”, melainkan “ten to eight”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X