Kompas.com - 16/06/2022, 18:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi

 

KOMPAS.com - Sebagai salah satu makhluk hidup, tumbuhan juga berkembang biak untuk mempertahankan populasinya. Tumbuhan berkembang biak dengan dua cara, yaitu generatif dan vegetatif.

Perkembangbiakan generatif merupakan perkembang biakan melalui proses perkawinan yang melibatkan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Sedangkan perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa adanya pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Perkembangbiakan secara generatif dilakukan oleh putik dan benang sari. Untuk perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan terbagi lagi menjadi vegetatif alami dan vegetatif buatan. 

Baca juga: Proses Pengangkutan Nutrisi pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif alami

Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi tanpa adanya bantuan dari manusia. Macam-macam perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami adalah sebagai berikut:

  • Umbi batang

Umbi adalah bagian tubuh tanaman baik batang ataupun akar yang digunakan untuk menyimpang cadangan makanan. Saat ditanam di tanah, umbi ini bisa tumbuh menjadi tanaman baru.

Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang adalah kentang, ubi jalar, talas, bengkuang, dan gadun.

  • Umbi akar

Umbi akar merupakan perkembang biakan yang memanfaatkan akar sebagai tempat menyimpan cadangan makanan sekaligus digunakan untuk menjadi tanaman baru. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar adalah singkong, lobak, dan wortel.

  • Umbi lapis

Umbi lapis adalah organ reproduksi yang dihasilkan dari sekelompok daun tebal berlapis dengan susunan seperti roset. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, bunga bakung, bunga tulip, dan bunga amarilis.

Baca juga: Fotosintesis CAM: Adaptasi Tumbuhan Xerofit

  • Spora

Spora yaitu organ reproduksi yang bertujuan untuk penyebaran pada tumbuhan berpembuluh tidak berbiji. Spora biasanya memiliki satu atau lebih sel tertutup dalam lapisan pelindung. Contohnya, lumut, jamur, dan tanaman paku.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.