Kompas.com - 19/05/2022, 17:21 WIB

KOMPAS.comPredator adalah makhluk hidup yang memangsa hewan lain. Predator menempati tingkat trofik yang lebih tinggi daripada produsen dalam rantai makanan. Namun, pernahkah kamu mendengar istilah apex predator?

Pengertian apex predator

Apex predator adalah predator yang menduduki puncak rantai makanan. Kata apex berasal dari bahasa latin yang berarti “puncak”. Sehingga, apex predator kerap disebut sebagai predator puncak.

Apex predator adalah konsumen teratas dalam suatu ekosistem. Posisi mereka yang menduduki puncak makanan, membuat apex predator tidak dimangsa oleh hewan lain dalam lingkungannya.

Baca juga: Rantai Makanan dan Tingkatannya

Pentingnya apex predator

Dilansir dari Biology Libretexts, apex predator adalah spesies kunci yang memiliki pengaruh besar pada keseimbangan organisme dalam ekosistem tertentu.

Disebut spesies kunci karena apex predator dapat mencegah pertumbuhan spesies secara tidak normal sehingga dominansi tidak terjadi. Hal tersebut membuat apex predator dapat mempertahankan keragaman dan keseimbangan ekosistem yang ditinggalinya.

Namun, jika apex predator dari suatu ekosistem dipindahkan ke ekosistem lain. Hal tersebut dapat menyebabkan berubahnya jaring dan rantai makanan atau yang disebut kaskade trofik.

Hal tersebut dapat memberikan pengaruh buruk pada ekosistem baru dalam jangka waktu singkat. Kemampuannya mempertahankan atau mengubah keseimbangan ekosistem inilah yang membuat apex predator menjadi spesies kunci.

Baca juga: Predasi dan Kompetisi Beserta Contohnya

Contoh apex predator

Setiap ekosistem memiliki apex predator yang berbeda-beda. Namun, umumnya apex predator adalah karnivora berukuran besar yang kuat. Berikut adalah beberapa contoh apex predator!

Hiu

Hiu adalah apex predator yang tinggal di dalam laut. Hiu memainkan peran kunci dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan merupakan indikator kesehatan laut.

Dilansir dari Oceana Europe, hiu membantu menyingkirkan yang emah dan sakit, menjaga keseimbangan pesaing, menjaga habitat padang lamun dan terumbu karang, juga memastikan keanekaragaman spesies dalam laut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.