Kompas.com - 19/05/2022, 11:41 WIB

KOMPAS.com – Arus laut bergerak secara global dalam sirkulasi, salah satunya sirkulasi termohalin. Sirkulasi termohalin yang melewati Indonesia umumnya berupa arus yang dipengaruhi oleh perbedaan kerapatan air laut (densitas). 

Pengertian sirkulasi termohalin

Air laut terus bergerak, di permukaan air laut terdorong oleh sirkulasi atmosfer. Namun, jauh di dalam permukaan laut yang dalam juga arus bergerak. 

Dilansir dari NOAA's National Ocean Service, arus laut dalam ini didorong oleh perbedaan kerapatan (densitas air, yang dikendalikan oleh suhu (termo) dan salinitas (halin).

Sehingga, arus dalam laut di bumi disebut dengan sirkulasi termohalin. 

Secara sederhana, sirkulasi termohalin adalah arus laut akibat densitas air yang dipengaruhi oleh suhu dan juga salinitas (kadar garam) air laut. 

Baca juga: Arus Laut: Definisi dan Faktornya

Sirkulasi termohalin lebih lambat dari arus permukaan, namun memiliki skala yang besar. 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sirkulasi termohalin mengalir dengan kecepatan 1 sentimeter per detik, meluas ke dasar laut dan membentuk pola sirkulasi yang menyelimuti lautan global. 

Proses terjadinya sirkulasi termohalin

Air laut tidak memiliki densitas (kerapatan) yang homogen. Kerapatan air laut berbeda-beda sesuai dengan salinitas (kadar garam) dan suhunya. 

Salinitas tinggi dengan suhu rendah membuat air laut memiliki densitas yang tinggi. Adapun, salinitas rendah dengan suhu tinggi membuat air laut memiliki densitas yang rendah. 

Baca juga: Arus Kuroshio: Arus yang Mengalir di Peraiaran Jepang

Densitas air Samudra Atlantik lebih tinggi

Di daerah kutub dan Samudra Atlantik, densitas air lebih tinggi. Hal ini dikarenakan suhu Atlantik yang lebih rendah dan menyebabkan pendinginan evaporatif. Air permukaan yang menguap meningkatkan salinitas air laut dan membuat densitasnya tinggi. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.