Kompas.com - 07/05/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.comArtikel dapat kita jumpai dalam buku pelajaran, koran, media daring, atau dalam tulisan yang sedang kamu baca saat ini.

Tahukah kamu, apa itu artikel?

Artikel adalah rangkaian tulisan berdasarkan fakta atau opini mengenai suatu hal yang dipublikasikan melalui media, baik cetak maupun online. Tujuannya untuk menyampaikan gagasan yang memuat fakta atau opini. 

Menurut Haris Sumadiria dalam buku Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional (2017), secara umum jenis artikel dapat dibagi berdasarkan tingkat kesulitannya.

Ini sangat penting bagi kita untuk melihat dan mengukur kemampuan dalam membuat artikel sesuai bidang pengamatan, pengetahuan, dan keahlian masing-masing.

Baca juga: 5 Jenis Teks Artikel dan Penjelasannya

 

Lalu, apa saja jenis-jenis artikel berdasarkan tingkat kesulitannya?

Artikel praktis

Adalah artikel berbentuk petunjuk praktis untuk melakukan sesuatu, yang ditulis dengan pola kronologis. Artikel ini lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan, daripada masalah pengamatan dan pengembangan pengetahuan serta analisis peristiwa.

Misalnya artikel tentang langkah-langkah membuat nasi goreng, artikel cara menghilangkan bekas jerawat, dan sebagainya.

Artikel ringan

Merupakan jenis artikel yang dikemas dengan gaya panduan informasi dan hiburan.

Artikel ini membahas topik ringan yang mudah dimengerti pembaca. Dalam artian, pembaca tidak perlu melakukan persiapan atau menggunakan perhatian penuh ketika membaca artikel ini.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.