Kompas.com - 29/04/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sapardi Djoko Damono termasuk sastrawan terkenal di Indonesia. Selain sebagai penyair, Sapardi juga dikenal sebagai dosen, pengamat sastra, kritikus sastra dan pakar sastra. 

Puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono cenderung puisi-puisi yang imajis-intelektual. Puisi Sapardi tidak semata-mata ekspresi perasaan hati, melainkan pergulatan estetis dan tarik-menarik gejolak perasaan yang melimpah dan yang harus terintegrasi dengan pemikiran dan kualitas intelektual. 

Salah satu puisi karya Sapardi Djoko Damono yang ada di dalam buku antologi sajak Hujan Bulan Juni, yaitu Yang Fana adalah Waktu. 

Baca juga: Puisi Aku Berkaca karya Chairil Anwar

Berikut puisinya: 

Yang Fana adalah Waktu 

Yang fana adalah waktu. Kita Abadi: 
Memungut detik demi detik, merangkainya
seperti bunga sampai pada suatu hari 
kita lupa untuk apa. 

"Tapi, 
yang fana adalah waktu, bukan?" 
tanyamu. Kita abadi. 

Makna puisi 

Puisi Yang Fana adalah Waktu menyiratkan beberapa pesan. Sapardi mecoba mengingatkan sesama, betapa pentingnya waktu yang dimiliki di dunia. 

Tuhan memberikan kesempatan manusia untuk terus hidup dan menikmati setiap ciptaan-Nya, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. 

Baca juga: Puisi Rakyat: Jenis, Struktur dan Unsur kebahasaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.