Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembakaran Sempurna dan Tidak Sempurna Hidrokarbon Alkuna

Kompas.com - 25/04/2022, 12:52 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comAlkuna adalah salah satu senyawa hdirokarbon dengan rumus kimia C2H2. Seperti hidorkarbon lainnya, alkuna dapat dibakar. Pembakaran sempurna suatu alkuna menghasilkan karbon dioksida dan air.  

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, alkuna adalah memiliki pasangan hidrogen dan pasangan atom karbon yang dihubungkan oleh ikatan rangkap tiga yang disebut dengan deret asetilen. Sehingga, alkuna kerap juga disebut sebagai asetilen.

Ikatan dalam senyawanya membuat alkuna menjadi zat yang mudah terbakar. Sehingga, alkuna sering digunakan sebagai bahan bakar.

Pembakaran sempurna alkuna

Dilansir dari Chemistry Libretexts, dengan adanya nyala api, alkuna dapat bereaksi dengan oksigen dan melakukan pembakaran.

Baca juga: Senyawa Hidrokarbon: Pengertian, Rumus, Golongan, dan Contohnya

Pembakaran alkuna termasuk ke dalam pembakaran sempurna yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O). Berikut adalah reaksi pembakaran sempurna alkuna!

Reaksi pembakaran sempurna alkuna tersebut mematuhi aturan stokiometri. Di mana pembakaran dua mol alkuna mengonsumsi lima mol oksigen. Sehingga, rasio perbandingan reaktan (alkuna dan oksigen) dalam reaksi tersebut adalah 2:5.

Adapun, hasil pembakaran alkuna tersebut menghasilkan 4 mol karbon dioksida (CO2) dan 2 mol uap air (H2O). Sehingga, rasio perbandingan reaktan (CO2 dan H2O)  adalah 2:1.

Dilansir dari Purdue University College of Science, pembakaran alkuna bersifat eksotermik. Artinya, pembakaran alkuna menghasilkan panas. Karena menghasilkan panas, reaksi alkuna pada lkadar oksigen tertentu dapat bersifat eksplosif atau menghasilkan ledakan.

Baca juga: Perbedaan Reaksi Endoterm dan Eksoterm

Pembakaran tidak sempurna alkuna

Pembakaran alkuna tidak selalu terjadi secara sempurna. Dalam ruang tertutup di mana jumlah oksigen tidak memenuhi, akan terjadi pembakaran alkuna secara tidak sempurna.

Berbeda dengan pembakaran sempurna, pembakaran tidak sempurna alkuna menghasilkan gas karbon monoksida (CO) dengan reaksi berikut:

Dari reaksi terlihat hanya tiga mol oksigen yang dikonsumsi oleh alkuna. Kekurangan oksigen tersebut menyebabkan gas karbon dioksida tidak diproduksi. Sebagai gantinya, pembakaran tidak sempurna alkuna menghasilkan gas karbon monoksida.

Hal tersebut membuat pembakaran tidak sempurna alkuna adalah reaksi yang berbahaya. Karena karbon monoksida merupakan gas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com