Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perbedaan Mitokondria dan Kloroplas

Kompas.com - 11/04/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Mitokondria merupakan organel sel yang bisa ditemui pada sel hewan dan tumbuhan. Sementara kloroplas hanya dapat dijumpai pada sel tumbuhan.

Fungsi mitokondria adalah untuk respirasi sel pada makhluk hidup. Sedangkan kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

Pengertian mitokondria dan kloroplas

Menurut Amrah Husma dalam buku Biologi Dasar dan Kesehatan (2016), mitokondria adalah tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung.

Miktokondria merupakan pembangkit tenaga bagi sel. Karena salah satu fungsi utama mitokondria adalah mengubah energi potensial dalam bentuk makanan menjadi ATP (Adenosin Tripospat).

Sementara itu, dikutip dari buku Fisiologi Tumbuhan (2021) oleh Try Koryati dkk, kloroplas adalah organel yang bertanggung jawab untuk melakukan fotosintesis.

Selain berfotosintesis, kloroplas juga berfungsi untuk mengendapkan glukosa menjadi amilum, serta melarutkan kembali amilmikron menjadi glukosa.

Baca juga: Mitokondria: Letak, Struktur, dan Fungsinya

Bedanya mitokondria dan kloroplas

Dalam beberapa hal, mitokondria dan kloroplas memiliki kemiripan. Karena keduanya sama-sama berfungsi untuk menghasilkan energi metabolik.

Salah satu perbedaan mitokondria dan kloroplas adalah keberadaannya. Mitokondria bisa dijumpai dalam sel semua jenis organisme aerobik, seperti tumbuhan dan hewan. Sedangkan kloroplas hanya ada pada tumbuhan hijau dan ganggang hijau.

Dilansir dari situs Byjyu's Online Learning dan Vedantu, berikut beberapa perbedaan mitokondria dan kloroplas:

Pembeda Mitokondria Kloroplas
Peran Dikenal sebagai pembangkit tenaga sel. Bertanggung jawab untuk metabolisme energi serta respirasi seluler Lebih kompleks dibanding mitokondria. Kloroplas berperan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
Bentuk  Berbentuk silinder Berbentuk mirip cakram
Warna Mitokondria adalah organel tak berwarna Berwarna hijau
Ukuran Berukuran kecil jika dibandingkan kloroplas, yakni 0,5 hingga 10 mikrometer Berukuran besar dan lebih kompleks. Diameternya berkisar 4 hingga 6 mikrometer
Pigmen Tidak memiliki pigmen Terdiri atas berbagai pigmen, seperti klorofil, karotenoid, serta pigmen fotosintesis
Membran dalam Membran dalamnya terlipat menjadi krista Membran dalamnya membentuk kantong pipih disebut tilakoid
Ruang atau bagian Matriks dan krista adalah bagian dari mitokondria Memiliki dua bagian atau ruang, yaitu tilakoid dan stroma
Kaitannya dengan oksigen Mengonsumsi oksigen untuk menyediakan energi bagi sel Melepaskan oksigen
Kaitannya dengan energi Melepaskan energi dengan memecah bahan organik dan menghasilkan karbon dioksida serta air Menyimpan energi dan menggunakan karbon dioksida serta air untuk menghasilkan glukosa (energi)
Caranya menghasilkan energi Mitokondria menggunakan gula untuk menghasilkan ATP (Adenosin Tripospat). Kloroplas menggunakan cahaya untuk menghasilkan ATP dan gula.

Baca juga: Kloroplas: Ciri-ciri, Letak, Struktur, dan Fungsinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com