Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Perbedaan Mitokondria dan Kloroplas

KOMPAS.com - Mitokondria merupakan organel sel yang bisa ditemui pada sel hewan dan tumbuhan. Sementara kloroplas hanya dapat dijumpai pada sel tumbuhan.

Fungsi mitokondria adalah untuk respirasi sel pada makhluk hidup. Sedangkan kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

Pengertian mitokondria dan kloroplas

Menurut Amrah Husma dalam buku Biologi Dasar dan Kesehatan (2016), mitokondria adalah tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung.

Miktokondria merupakan pembangkit tenaga bagi sel. Karena salah satu fungsi utama mitokondria adalah mengubah energi potensial dalam bentuk makanan menjadi ATP (Adenosin Tripospat).

Sementara itu, dikutip dari buku Fisiologi Tumbuhan (2021) oleh Try Koryati dkk, kloroplas adalah organel yang bertanggung jawab untuk melakukan fotosintesis.

Selain berfotosintesis, kloroplas juga berfungsi untuk mengendapkan glukosa menjadi amilum, serta melarutkan kembali amilmikron menjadi glukosa.

Bedanya mitokondria dan kloroplas

Dalam beberapa hal, mitokondria dan kloroplas memiliki kemiripan. Karena keduanya sama-sama berfungsi untuk menghasilkan energi metabolik.

Salah satu perbedaan mitokondria dan kloroplas adalah keberadaannya. Mitokondria bisa dijumpai dalam sel semua jenis organisme aerobik, seperti tumbuhan dan hewan. Sedangkan kloroplas hanya ada pada tumbuhan hijau dan ganggang hijau.

Dilansir dari situs Byjyu's Online Learning dan Vedantu, berikut beberapa perbedaan mitokondria dan kloroplas:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/11/093000469/10-perbedaan-mitokondria-dan-kloroplas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke