Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Bioteknologi dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 08/04/2022, 12:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Bioteknologi termasuk cabang ilmu biologi, dan merupakan perpaduan dari berbagai kajian ilmu, seperti biokimia, mikrobiologi, dan sebagainya.

Pada dasarnya, penerapan bioteknologi tidak hanya terbatas pada ilmu biologi saja. Tetapi juga mencakup berbagai ilmu terapan dan murni, seperti komputer, biologi molekuler, genetika, kimia, serta matematika.

Apa itu bioteknologi?

Pengertian bioteknologi

Dikutip dari buku Konsep Dasar Biologi (2022) karya Ina Magdalena dkk, istilah bioteknologi berasal dari bahasa Latin, yakni bio, tenos, dan logos.

Bio artinya hidup, tenos berarti teknologi, dan logos artinya ilmu. Dengan demikian, bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari penerapan prinsip biologi.

Bioteknologi merupakan cabang biologi yang mempelajari penggunaan organisme dengan bantuan teknologi untuk menyediakan barang serta pelayanan bagi kepentingan manusia.

Menurut Taryono dalam buku Pengantar Bioteknologi untuk Pemuliaan Tanaman (2016), berikut pengertian bioteknologi:

"Bioteknologi adalah kumpulan teknik yang menggunakan makhluk hidup atau senyawa yang dihasilkannya untuk menghasilkan atau mengubah produk, memperbaiki tanaman atau hewan, atau mengembangkan jasad renik untuk tujuan tertentu."

Baca juga: Bioteknologi: Jenis, Contoh, dan Penerapannya

Ciri-ciri bioteknologi

Dalam buku Bisnis Super Kreatif Produk Bioteknologi (2020) karangan Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, bioteknologi biasanya menggunakan mikroorganisme atau bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan.

Bioteknologi umumnya mencakup penggunaan bakteri, jamur, dan kultur tumbuhan serta hewan, termasuk teknik hidroponik serta kultur jaringan.

Adapun ciri-ciri bioteknologi adalah:

  • Adanya agen biologi berupa mikroorganisme, tumbuhan, atau hewan
  • Terdapat pendayagunaan secara teknologi dan industri
  • Produk yang dihasilkan biasanya berupa hasil ekstraksi serta pemurnian
  • Adanya produk turunan atau jasa yang dipakai dari proses penggunaan agen biologi. Adapun agen yang digunakan ini tidak hanya berbentuk fisik, melainkan hasil metabolit sekunder atau enzim yang dihasilkan
  • Penggunaan agen biologi dilakukan lewat suatu cara atau metode.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com